Rudi: Tugas Plt Kepala BP Batam Satukan Perizinan

Rudi: Tugas Plt Kepala BP Batam Satukan Perizinan

Wali Kota Batam HM Rudi

Batam - Wali Kota HM Rudi menginginkan semua perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam dan Pemerintah Kota Batam dijadikan satu. Hal tersebut untuk mempermudah layanan bagi warga.

Dalam kapasitasnya sebagai anggota Dewan Kawasan, Rudi berpendapat pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Edy Putra Irawadi mempunyai tugas menyiapkan laporan peralihan jabatan ex-officio.

Selain itu, Edy juga bertugas menyiapkan regulasi teknis untuk pelaksana jabatan ex-officio sekaligus menyiapkan teknis peleburan perizinan di Batam.

“Semua perizinan disatukan, itu menjadi tugas Plt kepala BP Batam yang baru dilantik nanti begitu hari Kamis nanti tiba di Batam,” ujar Rudi di Masjid Agung Batam Centre, Selasa (8/1/2018). 

Dengan demikian layanan PTSP Pemko Batam dan BP Batam bisa satu lantai dan satu warna, dan tidak ada lagi mencantumkan salah satu logo instansi. 

Namun menurut Rudi yang terpenting adalah perizinan bisa selesai dalam hitungan jam. Karena selama ini perizinan masih diselesaikan dalam jangka waktu hitungan hari.

“Ini kendalanya, makanya kalau sudah satu pelayanan, kita bisa tahu apa penyebabnya dan bisa diselesaikan,” kata dia. 

Ia juga berharap dengan adanya penunjukan Plt Kepala BP Batam yang baru ini, tidak ada lagi kegiatan yang sama dilakukan oleh dua instansi berbeda. Seperti yang dilakukan oleh kepemimpinan BP Batam yang terdahulu. 

“Sehingga tujuan kita mendatangkan wisatawan bisa tercapai dengan sinkronisasi,” kata dia.

Terkait jabatan dirinya sebagai ex-officio Kepala BP Batam, Rudi kembali enggan berkomentar banyak. Menurutnya sebelum sah dilantik, maka dirinya tidak akan berani untuk berbicara.

“Saya tak mau mendahului kehendak Tuhan,” ucapnya. 

(ret)