Fumigasi Kapal di Lobam Bisa Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja Tahun Depan

Fumigasi Kapal di Lobam Bisa Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja Tahun Depan

Fumigasi kontainer untuk ekspor. (Foto: Ilustrasi)

Bintan - Kegiatan Fumigasi Kapal MV Morning Compose berbendera Panama dilakukan di Pelabuhan PT Bintan Offshore Marine Centre (BOMC), Lobam, Kabupaten Bintan. Kapal kargo itu singgah di Bintan untuk proses fumigasi (sterilisasi) kontainer yang akan mereka bawa ke Australia.

Barang yang mereka bawa merupakan mobil dari Jerman. Kegiatan fumigasi ini dikatakan General Manager (GM) PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Aditya Laksamana bisa menyerap lebih tenaga kerja. Apalagi pelayanan fumigasi bisa dilakukan untuk kapal-kapal lainnya yang singgah.

"Fumigasi perdana masih terus berlangsung. Diharapkan proses aktivitas ini berjalan lancar dan memuaskan," ujar Aditya, Selasa (25/12/2018).

Jika fumigasi di Kawasan Industri Lobam sukses dilaksanakan. Direncanakan kapal-kapal muatan mobil mewah lainnya akan transit lagi di Lobam sebanyak 3 kali di tahun depan.

Pastinya aktivitas ini membutuhkan ratusan tenaga kerja tempatan. Mulai dari tenaga supir hingga bidang lainnya.

"Kami berharap warga dan pihak lainnya mendukung. Karena aktivitas ini akan menjadi lapangan kerja baru bagi warga tempatan," jelasnya.

Saat ini, kata Aditya, fumigasi telah menyerap 60 tenaga kerja di bidang supir dan 100 tenaga kerja di bidang lainnya. Mereka berasal dari warga tempatan yang berada di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan Utara dan lainnya.

"Tahun depan mereka akan membutuhkan tenaga kerja lebih banyak lagi. Kita harapkan warga Bintan mampu menyiapkan diri untuk memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan," ucapnya.

Kegiatan fumigasi menjadi SOP di beberapa negara untuk mensterilisasikan hama agar tidak masuk ke negara tujuan.

Barang ekspor yang dimasukkan ke dalam kontainer difumigasi menggunakan gas dengan prosedur tertentu.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews