Harga Sembako Jelang Nataru 2019, Disperindag: Tak Usah Khawatir, Belanjalah Seperlunya

Harga Sembako Jelang Nataru 2019, Disperindag: Tak Usah Khawatir, Belanjalah Seperlunya

Kepala Dinas Perdagangan Kota Batam Zarefriadi dan Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri Nurlaila Nur Muhammad saat sidak harga sembako di pasar tradisional Kota Batam. (Foto: Dyah Asti/Batamnews)

Batam - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 harga sembako di Kota Batam masih stabil. Naik turunnya harga di pasar masih terhitung normal.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Batam, Zarefriadi mengatakan, beberapa komoditas justru mengalami penurunan menjelang natal. “Harga ayam saat ini malah menurun, bawang juga menurun” jawabnya.

Walaupun harga cabai merah besar mengalami kenaikan hingga Rp 10.000 perkilo, namun lebih banyak komoditi mengalami penurunan.

Bawang merah dalam kurun waktu satu bulan belakangan juga sempat naik hingga mencapai angka Rp 36.000. Kini harga bawang merah menurun jadi Rp 28.000.

Anton salah satu penjual bawang di pasar Tos 3000 mengaku, kenaikan harga bawang di Batam karena permasalahan stok. “Dari jawanya lama kosong,” ucapnya

Beberapa komoditi yang mengalami penurunan di antaranya kacang tanah, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, kentang, wortel, tomat, gula, minyak goreng , minyak goreng kemasan, daging sapi lokal, daging ayam ras, ikan bandeng, ikan kembung, ikan selar, dan ikan tongkol.
 
Adanya gelombang besar di perairan Batam dan sekitarnya tidak mempengaruhi harga ikan laut di pasaran. Ikan justru mengalami penurunan hinggan Rp 4.000.

Zarefriadi mengatakan naik turunnya harga dalam kisaran tersebut masih wajar. “Harga-harga cenderung masih stabil,” ucapnya.

Sidak terus dilakukan oleh Dinas perindustrian dan perdagangan untuk memastikan harga Bahan pokok aman, menjelang natal dan tahun baru.

Hari ini Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri Nurlaila Nur Muhammad juga turut serta dalam sidak pasar di Tos 3000, Aviari dan distributor daging lembu.

Zarefriadi mengatakan masyarakat tak perlu risau dengan harga bahan pokok di pasar. Dipastikan stok sembako di Kota Btam aman hingga tahun baru.

“Tidak Usah Khawatir dan berbelanjalah seperlunya,” ucapnya.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews