Polda Jalin Koordinasi dengan Tim Satgas Pangan

Polda Kepri Siap Tindak Oknum Distributor Nakal

Rapat koordinasi Polda Kepri bersama Tim Satgas Pangan dari Pemprov Kepri dan perwakilan kabupaten/kota. (Foto: Kokorimba/Batamnews)

Batam - Rapat Koordinasi Satgas Pangan Provinsi Kepri digelar di ruang Rupatama Mapolda Kepri, Selasa (11/12/2018).

Koordinasi tim yang terdiri dari Polda Kepri, Disperindag Kepri, Bea Cukai Batam serta stakeholder lainnya dilakukan untuk memantau ketersediaan pangan. Hal ini sekaligus mengantisipasi kenaikan harga menjelang Natal dan tahun baru 2019.

Dirkrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur mengatakan, beberapa instansi terkait dari seluruh kabupaten/kota ikut dalam rapat ini begitu juga dari Pemprov Kepri.

"Persediaan bahan pangan jelang natal dan tahun baru masih mencukupi. Wilayah di Kabupaten Natuna, Lingga dan Anambas untuk harga bahan pokok dan pangan memang berada di atas harga pasar, hal ini dipengaruhi oleh letak geografis dan transportasi pengiriman," kata Rustam.

Koordinasi aktif akan dilakukan tim ini dengan instansi terkait seperti Disperindag, Bulog, BPPOM, Bea Cukai, TNI, Dishub dan Karantina memantau stabilitas harga pangan.

Operasi pasar bisa dilakukan bila terjadi lonjakan harga dan kelangkaan dengan melibatkan stakeholder terkait.

Ia mengimbau distributor agar tidak menimbun barang kebutuhan pokok. Bahkan harusnya dapat menambah pasokan untuk menghindari terjadinya kelangkaan dan pendistribusian bahan pokok.

"Kami akan cek secara berkala bersama dengan instansi terkait. Penegakkan hukum bisa dilakukan terhadap oknum distributor yang terlibat dalam monopoli sembako," pungkasnya.

(jim)

SHARE US :