Kampanye Keselamatan Dilakukan Syahbandar Batam Jelang Natal dan Tahun Baru

Kampanye Keselamatan Dilakukan Syahbandar Batam Jelang Natal dan Tahun Baru

Foto: Yude/Batamnews

Batam - Menjelang natal dan tahun baru, lalu lintas penumpang di pelabuhan dipastikan akan padat.  Begitu juga dengan pengguna jasa transportasi laut. Faktor keamanan dan keselamatan menjadi hal yang penting.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam menggelar apel gabungan antisipasi pengamanan angkutan laut di halaman parkir Pelabuhan Domestik Sekupang, Senin (17/12/2018).

Dalam kegiatan itu turut hadir dari beberapa intansi, yaitu KSOP Batam Basarnas, KKP, Ditpam, TNI AL, Karantina dan instansi lainya.

Kepala Kantor Pelabuhan kelas I Batam, Capt. Barlet MM mengatakan kegiatan ini digelar guna antisipasi menciptakan kemanan, bagi masyarakat yang ingin menggunakan angkutan ini.

“Sebelum melaksanakan kegiatan ini, kami juga sudah melakukan yang namanya kampanye keselamatan dan sosialisasi di pelabuhan bintang 99,” ujar Barlet.

Dalam sosialisasi tersebut, diajarkan bagaimana cara mengatasi kebakaran, bagaimana cara mengevakuasi dari kapal, semua sudah kami lakukan,” ucap Barlet.

“Jadi apabila ada informasi yang kurang jelas, bisa datang ke posko yang kami sediakan atau bisa langsung datang ke kantor kami,” kata dia.

Bahkan Barlet mengatakan akan membuat grup Whatsapp, untuk menyampaikan informasi-informasi terkait jumlah penumpang dan lainnya.

Untuk armada yang disiapkan, Barlet menyebutkan ada 193 kapal untuk mengangkut penumpang mudik. Dengan tujuan Batam-Karimun, Batam-Tanjungpinang, ke Belawan dan Jakarta.

“Untuk ke Jakarta, sehabis natalan Pelni mungkin tidak ke Jakarta. Dia akan bolak balik Batam-Medan, untuk mengantisipasi muatan yang akan bernatalan,” ucap Barlet.

Sedangkan untuk posko yang disediakan, di seluruh terminala ada.  “Yang menjadi posko terpadu, ada di Punggur satu, di Sekupang satu,” ujarnya.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews