Batam Siapkan 193 Kapal Layani Mudik Natal dan Tahun Baru

Batam Siapkan 193 Kapal Layani Mudik Natal dan Tahun Baru

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam, Capt. Barlet MM menyematkan pita dalam apel siaga jelang mudik. (Foto: Yude/batamnews).

Batam - Sedikitnya 193 unit kapal dipersiapkan untuk melayani para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman pada saat Natal dan Tahun Baru. Kapal-kapal tersebut melayani rute dari Batam ke berbagai tujuan.

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam, Capt. Barlet MM menjelaskan kapal-kapal tersebut nantinya akan melayani penumpang antarpulau maupun domestik ke provinsi lain, seperti Batam-Karimun, Batam-Tanjungpinang, ke Belawan dan Jakarta.

“Untuk ke Jakarta, sehabis natalan Pelni mungkin tidak ke Jakarta. Dia akan bolak balik Batam-Medan, untuk mengantisipasi muatan yang akan bernatalan,” ucap Barlet, Senin (17/12/2018).

Menyambut mudik Natal dan Tahun Baru, Barlet juga menekankan pentingnya keamanan dan keselamatan penumpang. Seluruh pihak terkait seperti KSOP Batam Basarnas, KKP, Ditpam, TNI AL, Karantina maupun instansi lainya dilibatkan.

Mereka diajarkan bagaimana cara mengatasi kebakaran, bagaimana cara mengevakuasi dari kapal, dan penanganan hal-hal yang bersifat darurat.

Untuk mendukung kelancaran informasi, KSOP Batam juga akan membangun dua posko masing-masing di Telaga Punggur dan Sekupang.

"Informasi mengenai jumlah penumpang nanti akan kami update melalui grup WA," pungkasnya.

(ude)
 

Komentar Via Facebook :