Tim Kemenkes Datangi Puskesmas Pancur, Dinkes Beberkan Penilaian Pokok Akreditasi

Tim Kemenkes Datangi Puskesmas Pancur, Dinkes Beberkan Penilaian Pokok Akreditasi

Puskesmas Pancur yang sudah berdiri megah (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Puskesmas Pancur, Kecamatan Lingga Utara, menjadi salah satu puskesmas yang menjalani proses akreditasi untuk tahun 2018 bersama 4 puskesmas lainnya di Kabupaten Lingga. Tim survei dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun akan turun ke puskesmas tersebut, Rabu (12/12/2018) besok.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Syamsu Rizal melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, Tim Surveior FKTP Kemenkes itu akan melakukan survei lebih kurang selama 3 hari di puskesmas tersebut.

"Puskesmas Pancur ini merupakan puskesmas ke-4 yang di tahun 2018 ini akan di survei," kata Mudlofir kepada Batamnews.co.id, Selasa (11/12/2018).

Lanjut dia, Puskesmas Pancur saat ini baru selesai dibangun dengan fasilitas dan bangunan yang lebih memadai. Dengan demikian, ia berharap baik dari segi administrasi manejemen, keselamatan pasien serta mutu pelayanan sesuai dengan standar Permenkes nomor 75 tahun 2016.

"Kemudian, tatagraha, kebersihan lingkungannya, dan juga staff nya bisa memiliki budaya rapi, bersih, resik, ringkas dan sopan," ujarnya.

Mudlofir mengaku, adapun kriteria penilaian pokok yang diperhatikan dalam proses akreditasi tersebut yakni, penataan ruangan. Bagaimana menempatkan ruang yang satu dengan yang lain agar pasien penyakit menular yang ditangani tidak menularkan penyakitnya kepada pasien lain dan petugas itu sendiri.

Diketahui, saat ini di Lingga baru ada tiga puskesmas yang sudah terakreditasi. Ketiga puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Dabo Lama, Penuba dan Raya. Kemudian, yang sedang dalam proses di tahun 2018 ada lima puskesmas.

Kelima tersebut yaitu, Puskesmas Pancur, Senayang, Daik, Sungai Pinang dan Puskesmas Tajur Biru. Kemudian, sisa beberapa puskesmas lainnya yang belum dapat dilaksanakan tahun ini akan dilakukan tahun depan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews