PSMTI Salurkan Rp200 Juta untuk Korban Kebakaran Kampung Cina di Lingga

PSMTI Salurkan Rp200 Juta untuk Korban Kebakaran Kampung Cina di Lingga

Ketua PSMTI Lingga, Tonny Karyadi menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran Kampung Cina secara simbolis mewakili PSMTI Kepri (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Setahun sudah musibah kebakaran Kampung Cina di Kabupaten Lingga terjadi. Duka yang mendalam pun menyelimuti para korban. Namun demikian, bantuan pun berdatangan silih berganti dari sejak awal musibah.

Baca: Kebakaran di Kampung Cina Lingga Hanguskan 59 Bangunan 

Tak ketinggalan, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kepulauan Riau pun ikut ambil bagian dengan menyalurkan bantuan berupa uang tunai serta alat kesehatan. Penyerahan pun baru dilakukan sejalan dengan penutupan pagelaran Menyemai Rindu di Kampung Cina, Minggu (9/12/2018) malam.

"Sempena dengan musibah kebakaran di Kampung Cina tahun lalu, kami pengurus PSMTI ada mengumpulkan dana bantuan diantara kami-kami pengurus PSMTI di Kepri untuk membantu meringankan beban kepada para korban musibah tersebut," kata Ketua PSMTI Lingga, Tonny Karyadi kepada Batamnews.co.id, Senin (10/12/2018).

Lanjut dia, untuk tahap awal, bantuan baru diberikan secara simbolis. Pasalnya, masih menunggu data akurat dan resmi dari tim koordinasi pelaksanaan penanggulangan bencana Kabupaten Lingga.

"Untuk korban kebakaran itu ada 53 kepala keluarga (KK) yang berhak berdasarkan data kecamatan dan tim penanggulangan bencana. Rencananya 1 KK diberikan masing-masing Rp3 juta, jika tidak ada perubahan data," ujarnya.

Tonny menjelaskan, untuk alat kesehatan yang diberikan kepada korban, berupa korsi roda serta tongkat empat kaki. Semuanya berjumlah 25 set.

"Jika ditotalkan semuanya sekitar Rp200 juta termasuk alat kesehatan. Sekarang kami masih menungggu data korban ditandatangani dan di cap lebih dulu. Setelah itu, kami akan langsung transfer ke rekening korban masing-masing tanpa potongan," tuturnya.

Baca: Ternyata Ini Penyebab Kebakaran Kampung Cina Daik Lingga

Ia mengaku, bantuan tersebut diberikan dalam rangka menjalin tali kasih dan persaudaraan sesama anak bangsa. Sehingga, para korban dapat terbantu, meskipun bantuan yang diberikan tidak lah besar.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews