Kenduri Akhir Tahun di Engku Puteri Jadi Puncak HUT Kota Batam

Kenduri Akhir Tahun di Engku Puteri Jadi Puncak HUT Kota Batam

Dataran Engku Puteri, Kota Batam saat malam pergantian tahun. (Foto: ilustrasi)

Batam - Perayaan Hari Jadi Batam (HJB) yang ke 189 tahun akan diwarnai dengan berbagai acara dan kegiatan. Mulai sejak pagi hingga malam hari.

Panitia lomba HJB, Panjaitan mengatakan rangkaian HUT Kota Batam pada hari H ini dimulai dengan upacara. Sekitar 10 ribu warga akan menjadi peserta. Berasal dari paguyuban, hulubalang, Lembaga Adat Melayu, keluarga zuriah Nong Isa, pelajar, Pramuka, TNI, Polri, asosiasi pengusaha, dan sanggar seni se-Kota Batam.

"Peserta dari paguyuban akan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing," ujar Rudi, Rabu (5/12/2018).

Usai upacara dilanjutkan dengan Anugerah Batam Madani di Dataran Engku Putri. Anugerah ini diberikan kepada 30 orang dan badan yang dinilai telah berkontribusi bagi pembangunan Kota Batam.

Kemudian dilanjutkan sidang paripurna di gedung DPRD Batam.

Setelah waktu shalat dzuhur, rangkaian acara dilanjutkan dengan Semarak Batam Madani. Bentuknya yakni pawai budaya melayu dan pawai budaya nusantara. Rutenya yaitu dari Bundaran Tuah Madani sampai ke Dataran Engku Putri.

"Peserta pawai yaitu 60 paguyuban daerah se-Kota Batam, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pelajar, dan hulubalang. Tiba di Engku Putri, dilanjutkan dengan atraksi budaya oleh paguyuban. Sampai sebelum maghrib," ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako Batam ini.

Pada Jumat (14/12/2018), terlebih dulu dilaksanakan ziarah ke makam zuriah Nong Isa. Di wilayah sekitar pemakaman di Nongsa ini, juga diadakan bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Bazar diadakan mulai 13 Desember sampai 16 Desember. Juga akan ada atraksi kebudayaan dan permainan rakyat selama bazar berlangsung," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.

Rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke-189 lainnya adalah peresmian Kebun Raya Batam di Nongsa. Acara ini dijadwalkan pada 22 Desember. Seluruh rangkaian perayaan ditutup dengan Kenduri Akhir Tahun di Dataran Engku Putri.

Artis jebolan D'Academy Asia, Shiha akan menghibur masyarakat Batam dalam puncak perayaan HJB, Selasa (18/12/2018) di Dataran Engku Putri. Penyanyi asal Malaysia bernama lengkap Nurshiha M Zikir ini akan tampil bersama Isye, peserta Kontes Dangdut Indonesia (KDI) asal Batam.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews