Pemko Dapat Tambahan 10 Bus Trans Batam dari Kemenhub

Pemko Dapat Tambahan 10 Bus Trans Batam dari Kemenhub

Bus Trans Batam. (Foto: Youtube)

Batam - Pemerintah Kota Batam mendapat 10 bus trans Batam dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI. Bus-bus tersebut diperkirakan akan tiba di Batam pada pekan ini dan beroperasi pada Januari 2019 mendatang.

"Diperkirakan tiba di Batam Jumat (7/12/2018) atau Sabtu (8/12/2018). Saat ini bus masih dalam perjalanan menunggu Pelabuhan Punggur (Nongsa)," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Efendi, Rabu (5/12/2018).

Saat ini bus trans Batam sudah ada 72 unit bus yang beroperasi. Dengan jumlah tersebut, ia mengakui belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Batam.

Selain itu sudah ada beberapa unit di antaranya yang memang sudah harus diremajakan dan diganti.

"Bus tambahan akan melayani trayek yang kami buka. Karena rute yang kami buka ini permintaan dari masyarakat setempat tahun kemarin. Seperti kita buka yang Nongsa-Punggur,” katanya.

Adapun trayek yang saat ini dibuka yakni Nongsa-Jodoh, Nongsa-Punggur, Tembesi-Galang, Sekupang-Batamcentre, Tanjunguncang-Batamcentre, Sekupang-Jodoh, Sangulung-Sekupang, Jodoh-Batamcentre, Tanjung Piayu-Batamcentre, Nongsa-Batamcentre, Punggur-Jodoh.

Sebelum ini, pihaknya telah mengajukan permintaan penambahan bus tran batam sebanyak 30 unit. Akan tetapi dari kemenhub hanya memberikan 10 unit saja.

"Kita mau masyarakat juga nyaman dan aman saat di bus. Jadi mereka puas naik bus Trans Batam," harapnya.

Bambang Sucipto, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Jasa Transportasi Trans Batam, Dishub Batam menambahkan, jika tambahan armada Trans Batam tiba total keseluruhan bus berjumlah 82 unit.

"Kalau bus sekolah belum lagi. Bus baru ini diperuntuhkan bagi rute-rute yang dilalui Trans Batam nanti. Bus baru mengantikan bus yang tidak layak beroperasi," ujar Bambang.

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews