Lingga Suntik Rp10 Miliar untuk Kampung Cina

Potret Kampung Cina usai terjadi kebakaran dahsyat setahun lalu (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau, menyiapkan Rp10 miliar untuk penanaman dinding pancang sungai di bantaran Kampung Cina, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga yang mengalami kebakaran dahsyat tepat setahun lalu.

Kebakaran yang meluluhlantakkan hampir seluruh pertokoan dan rumah warga di wilayah itu menyimpan duka yang mendalam. Pasalnya, bangunan yang ada rata dengan tanah, tapi hingga kini belum ada pembangunan ulang.

"Kami menganggarkan Rp10 miliar untuk penanaman dinding pancang sungai Kampung Cina. Sebagian itu juga untuk penimbunan," kata Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat pembukan kegiatan Menyemai Rindu di Kampung Cina, Selasa (4/12/2018) malam.

Lanjut dia, jika APBD Lingga merangkak naik di anggaran Perubahan nanti, pihaknya bertekad akan melakukan semenisasi di lahan tersebut.

"Setelah ditimbun, sudah keras baru kita lakukan semenisasi," ujarnya.

Diketahui, kebakaran hebat melanda Kampung Cina, di Daik Lingga terjadi, Selasa (28/11/2017) dinihari. Kebakaran akibat konsleting listrik. Beruntung pada kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun, hampir seluruh bangunan rata dengan tanah.

(ruz)