Sepekan Pendaftaran KIA via Whatsapp Dibuka, 150 Anak di Lingga Terdaftar

Sepekan Pendaftaran KIA via Whatsapp Dibuka, 150 Anak di Lingga Terdaftar

Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan di Disdukcapil Lingga, Muhammad (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lingga, Kepulauan Riau telah melaunching pendaftaran Kartu Identitas Anak (KIA) melalui pesan whatsapp (WA), Senin (26/11/2018) lalu.

Penggunaan WA sebagai sarana pengiriman berkas dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan KIA. Selain itu, penggunaan WA dinilai lebih praktis.

Baca: Sekarang Daftar Kartu Identitas Anak di Lingga Bisa Lewat WA

"Sejak di launching hingga sekarang, sudah ada sekitar 150 data anak yang masuk ke kami, untuk diterbitkan KIA nya," kata Kepala Disdukcapil Lingga, Syamsudi melalui Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Muhammad kepada Batamnews.co.id, Rabu (5/12/2018).

Ia menjelaskan, pemanfaatan aplikasi WA sebagai media masyarakat dalam pengiriman berkas atau data anak untuk dibuatkan KIA, merupakan inovasi baru Disdukcapil. Sejauh ini, belum ada kendala berarti.

"Pendaftar yang masuk dengan memanfaatkan inovasi ini berasal dari semua kecamatan yang ada di Lingga. Tapi yang paling banyak, dari Dabo Singkep," ujarnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat Lingga dapat memanfaatkan inovasi tersebut sebaik mungkin. Sehingga, pelayanan dapat berjalan lancar dan lebih baik.

"Semoga inovasi ini bisa mempermudah masyarakat," katanya.

Adapun format pendaftaran KIA melalui WA tersebut memiliki 6 langkah. Yang pertama, Ketik KIA (Spasi) NIK Anak, Nama Anak, Nama Desa/Kelurahan. (Contoh: KIA 2104012345678910, Dimas, Kelurahan Dabo).

Kemudian kirim foto anak. Namun, foto ini hanya diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun-7 tahun. Sedangkan anak usia 0-5 tahun kurang sehari, tidak perlu melampirkan foto.

Selanjutnya, kirimkan foto kartu keluarga (KK). Diikuti foto akta kelahiran anak dan foto KTP orang tua. Yang terpenting, semua format tersebut dikirim ke nomor WA 0822-8311-2058 atas nama Disdukcapil Lingga. Pastikan dokumen di foto/scan dengan jelas.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews