Kepala PKM Tajur Biru Sebut Kekosongan Petugas Kesehatan di Pulau Bukit Hanya Miskomunikasi

Kepala PKM Tajur Biru Sebut Kekosongan Petugas Kesehatan di Pulau Bukit Hanya Miskomunikasi

Camat Katang Bidare, Safaruddin (Baju putih) meninjau Polindes di Desa Pulau Bukit yang tidak memiliki petugas (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Kekosongan petugas kesehatan di Polindes Desa Pulau Bukit, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau menjadi perhatian serius. Informasi kekosongan itu pertama didapat camat setempat setelah mengunjungi desa itu, Jumat (23/11/2018) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Syamsu Rizal pun tidak bisa berbuat banyak. Ia mengatakan, penempatan petugas kesehatan di setiap desa merupakan kewenangan puskesmas setempat.

Baca: Kunjungi Pulau Bukit, Camat Katang Temukan Fasilitas Kesehatan Tanpa Petugas

Menanggapi hal itu, Kepala Puskesmas Tajur Biru, Sri Nasriyanti ketika dikonfirmasi mengaku sudah melakukan klarifikasi pemberitaan tersebut ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga.

"Mengenai pemberitaan itu, saya sudah diminta klarifikasinya oleh kabupaten. Semua sudah saya sampaikan melalui Kasubag Humas. Silahkan hubungi beliau (Kasubag Humas) untuk info jelasnya," kata Sri ketika dihubungi Batamnews.co.id, Minggu (25/11/2018).

Sementara itu, Kasubag Humas Pemkab Lingga, Buana Fauzi Februari mengaku, berdasarkan klarifikasi dari Kepala Puskesmas Tajur Biru menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi di Desa Pulau Bukit hanya miskomunikasi. Kunjungan camat saat itu bersamaan dengan baru resign nya petugas yang menangani Polindes tersebut.

"Tak ada permasalahan, hanya miskomunikasi saja, Pak Camat sudah benar. Namun Kepala Puskesmas juga sudah melaksanakan tugas sesuai tupoksinya," kata Buana kepada Batamnews.co.id, Senin (26/11/2018).

Persoalan pelayanan kesehatan memang menjadi hal yang paling krusial dan bersifat mendasar. Untuk itu Pemkab Lingga, kata dia, terus berupaya melakukan perbaikan pelayanan dan pemutakhiran data kesehatan masyarakat sehingga memudahkan pengambilan kebijakan bagi pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan termasuk di dalam nya pengadaan alat kesehatan dan obat-obatan.

"Saat ini sedang diupayakan pergantian petugas di Pulau Bukit oleh Kepala Puskesmas Tajur Biru," ucapnya.

Baca: Kekosongan Petugas Kesehatan di Polindes Pulau Bukit Jadi Tanggungjawab Puskesmas

Buana berharap, semua pihak dapat mendukung langkah Bupati, Alias Wello mewujudkan Lingga yang sehat lewat berbagai program yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan. Bahkan, saat ini sejumlah pekerjaan konstruksi dilakukan untuk menambah ruang inap baru atau membangun puskesmas baru.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews