Kekosongan Petugas Kesehatan di Polindes Pulau Bukit Jadi Tanggungjawab Puskesmas

Kekosongan Petugas Kesehatan di Polindes Pulau Bukit Jadi Tanggungjawab Puskesmas

Camat Katang Bidare, Safaruddin (Baju putih) meninjau Polindes di Desa Pulau Bukit yang tidak memiliki petugas (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Polindes di Desa Pulau Bukit, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga berdiri tanpa petugas kesehatan. Bangunan kokoh tersebut kosong tanpa ada aktivitas.

Kondisi tersebut sontak membuat kecewa Camat Katang Bidare, Safaruddin ketika mengunjungi desa itu. Namun demikian, Safar tidak ingin saling menyalahkan.

Baca: Kunjungi Pulau Bukit, Camat Katang Temukan Fasilitas Kesehatan Tanpa Petugas

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, dr Syamsu Rizal mengatakan, penempatan petugas kesehatan di setiap desa merupakan kewenangan puskesmas setempat.

"Petugas pustu atau polindes, yang mengatur itu adalah puskesmas setempat," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Sabtu (24/11/2018).

Dengan demikian, ia berharap Camat Katang bisa berkoordinasi dengan pimpinan puskesmas guna membicarakan perihal kekosongan petugas kesehatan tersebut.

"Bagaimanapun juga, puskesmas sama dengan kecamatan. Puskesmas juga menganut konsep kewilayahan. Sehingga apapun yang terjadi di wilayahnya, yang pertama melakukan pelayanan adalah petugas yang ditugaskan di wilayah itu," ujarnya.

Lanjut Syamsu Rizal, nantinya hasil dari pertemuan atau koordinasi antara kedua pihak tersebut akan dilaporkan pemegang program puskesmas ke pemegang program Dinas Kesehatan.

"Kalau untuk malaria, setiap puskesmas ada penanggung jawab program masing-masing. Kalau pun ada kasus malaria, jelasnya memang petugas pustu atau polindes yang bertanggung jawab dalam penanganannya," ucap dia.

Diketahui, sebelumnya hampir satu kampung di Pulau Bukit terserang malaria. Karena tidak adanya petugas di polindes setempat, warga kesulitan untuk berobat. Informasi yang diperoleh Batamnews.co.id, Polindes Desa Pulau Bukit berada di bawah Puskesmas Tajur Baru.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews