ADD dan Dana Desa Senilai Rp 83 M Digulirkan Untuk 36 Desa di Bintan

ADD dan Dana Desa Senilai Rp 83 M Digulirkan Untuk 36 Desa di Bintan

Kepala DPMD, Ronny Kartika dan Bupati Bintan, Apri Sujadi mengecek sarana yang dibangun melalui ADD. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan mencatat sebanyak Rp 83,978 miliar Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) 2018 telah digulirkan ke 36 desa yang tersebar di 10 kecamatan.

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika mengatakan Rp 83,978 miliar itu berasal dari ADD sebesar Rp 50,075 miliar dan DD sebesar Rp 30,903 miliar.

"ADD itu dialokasikan dari APBD Bintan sedangkan DD dialokasikan dari APBN. Semua dana itu sudah digulirkan ke 36 desa," ujar Ronny di Kantor Bupati Bintan, Kamis (15/11/2018).

Demi memaksimalkan penyerapan ADD dan DD di seluruh desa se-Kabupaten Bintan. DPMD Bintan telah membuat terobosan baru dengan menciptakan suatu layanan bernama "On Clinic".

Layanan ini dilakukan secara online. Jadi seluruh desa bisa menyampaikan atau menanyakan suatu hal di sistem tersebut. Baik itu tentang keluhannya ataupun aturan-aturan.

"Nantinya bisa dimanfaatkan oleh aparatur pemerintahan desa untuk memahami tata cara penggunaan dana desa, sesuai dengan aturan regulasi yang telah ditetapkan," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews