Pemerintah Siapkan Solusi Minimnya Peserta Tes CPNS Lolos Seleksi

Pemerintah Siapkan Solusi Minimnya Peserta Tes CPNS Lolos Seleksi

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun.

Batam - Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kepri masih berlangsung. Sejauh ini, hasil tes tahap awal yang diperoleh peserta, banyak tidak mencapai passing grade (nilai ambang batas).

Dengan banyaknya jumlah peserta tidak mencapai nilai ambang batas, memunculkan kekhawatiran akan kosongnya formasi jabatan yang dibutuhkan. 

Seperti di Kota Batam, sejauh ini hanya 150 orang memenuhi passing grade dari 5.399 peserta. Sementara itu di Kota Tanjungpinang hanya 96 orang yang memenuhi passing gared dari 2.558 peserta, Karimun hanya 52 peserta dari 2451 peserta.

Melihat hal itu, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengatakan bahwa sistem yang diterapkan merupakan profesional. Pihaknya hanya menunggu arahan dari pemerintah pusat. 

“Kita dukung sistem tes yang profesional ini, dan memang sangat ketat,” ujar Nurdin di Hotel Planet Holiday, Batam, Kepri, Rabu (14/11/2018). 

Namun, Nurdin menginginkan kebijakan dari pemerintah pusat bisa memberikan keringanan berupa penerapan sistem rangking. 

“Misalnya syarat lulus itu angka 6, maka nilai dibawahnya yaitu angka 5 bisa lulus juga,” kata dia.

Menurutnya solusi itu dirasa cukup baik, karena tidak mungkin lagi mengulang Tes SKD.

Terkait formasi jabatan yang bisa saja kosong karena pelamar CPNS tidak memenuhi kriteria, dapat diisi oleh tenaga honorer, Nurdin menampik kesempatan tersebut. 

“Tidak bisa lagi, tenaga honorer tak bisa diangkat menjadi PNS. Itu aturan dari pemerintah pusat,” kata Nurdin. 

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan kebijakan baru untuk mengantisipasi kekosongan formasi CPNS terkait minimnya peserta SKD yang memenuhi passing grade. 

Kebijakan tersebut diperlukan agar kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) terpenuhi, namun di sisi lain kualitas tetap terjaga.

“Saat ini masih dalam penyusunan, dan diharapkan minggu depan PermenPANRB sudah ditandatangani,” kata Menteri PAN-RB Syafruddin kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Berdasarkan data Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS hingga tanggal 12 November lalu, hanya 128.236 yang memenuhi passing grade atau kurang dari 10 persen dari 1.724.990 yang mengikuti SKD.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews