Tes SKD CPNS Batam, 7 Peserta Dinyatakan Gugur

Tes SKD CPNS Batam, 7 Peserta Dinyatakan Gugur

Petugas memeriksa kartu ujian dan KTP peserta tes SKD CPNS Batam. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Dua hari tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Unit Pelaksana Teknis Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (UPT Kanreg XII BKN) Batam berlangsung lancar tanpa hambatan. 

Setiap hari pelaksanaan tes SKD CPNS ini dilakukan selama lima sesi, dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 17.15 WIB. Sedikitnya, ada 7 orang peserta tidak hadir, dan langsung dinyatakan gugur. 

“Sampai saat ini memang ada 7 orang peserta tidak hadir,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Sahir, di Gedung Bersama Pemko Batam, Sabtu (27/10/2018). 

Sahir menjelaskan bahwa peserta yang tidak hadir akan dibiarkan kursinya kosong tanpa ada penggantian. Hal ini dilakukan karena sudah tersistem.

“Tak bisa diganti, walaupun peserta untuk sesi selanjutnya sudah hadir,” katanya. 

Setiap peserta yang akan masuk ke ruang ujian diperiksa secara ketat oleh para petugas. Peserta tidak diperkenakan membawa barang selain kartu ujian dan KTP. 

Ada tiga tahap pemeriksaan sebelum masuk ke ruang ujian. Tahap pertama di lantai dasar gedung bersama, peserta yang akan mengikuti sesi selanjutnya diperkenankan untuk naik ke lantai V.

Kemudian kepada panitia diperlihatkan KTP, kartu ujian serta kartu peserta CPNS. Lalu diperkenankan untuk duduk di ruang tunggu yang telah disediakan, menunggu peserta lain yang sedang ujian. 

“Setelah peserta ujian sebelumnya keluar, peserta selanjutnya diperkenankan masuk, dengan terlebih cek fisik dan cek kartu ujian dan KTP, proses ini memang berulang,” kata Sahir.  

Hasil ujian tes SKD CPNS juga langsung keluar. Dari 50 peserta yang ikut ujian, hanya satu orang peserta yang dinyatakan lolos pada sesi ketiga tersebut. 

Salah seorang peserta, Yulianti mengaku sedih karena tak lolos tes. Padahal ia sudah belajar cukup keras. Ia mendaftarkan diri untuk menjadi guru bahasa inggris.

“Sedih sih, tak lolos, soal-soalnya ternyata jauh lebih sulit dari yang saya duga,” ujarnya.

Namun ia tetap akan mencoba tes CPNS yang akan datang, karena ini pertama kalinya mendaftar CPNS.

“Baru pertama kali, ini bisa jadi pengalaman,” katanya.

Ujian tes SKD CPNS ini dilaksanakan sampai pada tanggal 17 November 2018, ada 5.399 CPNS yang mendaftar untuk 363 formasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews