Bupati Apri Bentuk Forum CSR Maksimalkan Program di Luar APBD Bintan

Bupati Apri Bentuk Forum CSR Maksimalkan Program di Luar APBD Bintan

Bupati Bintan, Apri Sujadi

Bintan - Banyak program-program sosial kemasyarakatan di Kabupaten Bintan yang tidak teralokasikan dalam APBD Murni maupun APBD Perubahan. Meskipun begitu, Pemkab Bintan akan berupaya agar beberapa program sosial tersebut bisa berjalan.

Upaya yang akan dilakukan pemerintah dengan cara membentuk Forum Corporate Social Responsibility (CSR).

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku ingin segera membentuk Forum CSR itu. Sebab dia ingin memaksimalkan beberapa programnya yang tidak teralokasikan atau tidak tertampung di APBD.

"Kita inginkan Forum CSR ini segera terbentuk. Karena beberapa program sosial kemasyarakatan yang tak teralokasikan bisa tetap direalisasikan melalui CSR dari perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di sini," ujarnya, Kamis (8/11/2018).

Melalui Forum CSR ini juga, kata Apri, dia ingin melihat konstribusi beberapa perusahaan dalam menjalankan tanggungjawabnya terhadap sosial lingkungan masyarakat.

Kemudian agar ke depannya bantuan-bantuan yang didanai oleh CSR itu lebih terkoordinir. Memang sejauh ini dia melihat cukup banyak perusahaan di Bintan yang memberikan konstribusi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui CSR-nya.

Namun sebagian besar perusahaan melaksanakannya dengan cara masing-masing. Sehingga dikawatirkan akan terjadi tumpang tindih terkait kebijakan pembangunan antara pemerintah dengan pihak perusahaan.

"Kita maunya setiap perusahaan yang berinvestasi di Bintan mengeluarkan CSR sesuai dengan kebutuhan masyarakat di lapangan. Tapi jika mau keluarkan dananya harus dikoordinasikan terlebih dahulu agar tidak terjadi tumpang tindih," jelasnya.

Diharapkan pembentukan forum ini mampu meningkatkan tanggungjawab perusahaan terhadap kegiatan sosial serta keterpaduan komitmen antara pemerintah daerah dengan pihak perusahaan.

"Ya, sekaligus mensinergikan langkah dalam mengatasi persoalan di masyarakat," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews