Terus Bertumbuh, Koperasi Syariah 212 Berharap Peran Aktif Anggota

Terus Bertumbuh, Koperasi Syariah 212 Berharap Peran Aktif Anggota

Muhammad Iqbal bersama Kadis Disprendag Zarefriadi di salah satu gerai Koperasi 212 Mart. (Foto: istimewa).

Batam - Pertumbuhan Koperasi Syariah 212 Mart di Batam terus meningkat. Namun, anggota koperasi masih minim untuk belanja di gerai mereka sendiri.

Saat ini, telah terdapat 13 gerai ritel 212 Mart di Batam. Adapun total anggota tercatat sekitar 3.500 orang. 

Gerai tersebut hampir berada di setiap wilayah Batam seperti Botania, Batuaji, Batam Center dan lainnya. Bahkan ke depan akan ditambah di Nongsa dan Bengkong.

"Sekarang sedang melengkapi syarat," ujar Muhammad Iqbal Ketua Koperasi Syariah 212 Mart Batam, Minggu (4/10/2018) kepada Batamnews.co.id.

Namun, saat ini ritel berbasis ekonomi kerakyatan atau kemitraan itu masih minim partisipasi anggota sebagai investor. Diharapkan selain sebagai investor, juga diminta untuk aktif sebagai pembeli. 

"Sukses besar 212 apabila gairah anggota, bukan hanya sebagai investor tapi juga belanja di gerai sendiri," kata Iqbal.

Saat ini lanjut Iqbal, hanya 48 persen anggota atau investor menjadi pelanggan.

"Jadi faktor kuncinya ada di anggota. Kalau sama-sama paham tujuannya anggota tidak cukup sebagai anggota pasif," ujar dia.

Iqbal menegaskan, anggota atau investor tidak hanya bertujuan menjadi anggota pasif tapi terlibat secara keduanya. "Jadi 212 Mart akan menjadi usaha bersama dan pertama, to be the sustainable business (menjadi bisnis yang berkelanjutan)," kata dia.

Koperasi 212 diresmikan sejak 24 Januari 2017 di Batam. Bisnis ritel ini berbasis ekonomi kerakyatan atau kemitraan, para investor dihimpun dari masyarkat yang ada di daerah tersebut. 

Meskipun bisnis ritel secara keseluruhan mengalami kesulitan, namun 212 Mart terus berkembang seperti berdirinya beberapa gerai di beberapa daerah.

(tan)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews