Berkendara di Musim Penghujan, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Berkendara di Musim Penghujan, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Seorang pengendara sedang mengendara motor di tengah hujan (Foto:net/viva)

Lingga - Musim penghujan dengan Intensitas tinggi akan terjadi di bulan November. Artinya pada bulan ini akan sering turun hujan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Melihat kondisi demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep pun mengimbau agar masyarakat yang tinggal di dekat pinggiran sungai, lereng-lereng bukit, dan pesisir waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir.

Selain BMKG, Kepolisian Resor (Polres) Lingga tak ketinggalan mengeluarkan imbauan yang diperuntukkan bagi seluruh pengendara bermotor agar lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya di jalan raya.

"Karena sekarang ini musim hujan, diimbau kepada pengemudi roda empat dan roda dua agar lebih berhati-hati dalam berkendara karena kondisi jalan licin, sehingga terhindar dari kecelakaan dan patuhi peraturan lalu lintas," kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho melalui Kasat Lantas AKP Indra Jaya ketika dihubungi Batamnews.co.id, Jumat (2/11/2018).

Lanjut dia, untuk pengendara roda dua sebaiknya tidak melanjutkan perjalannya apabila hujan turun. Sebab, jika hujan, jarak pandang tentu tidak setajam jika cuaca cerah.

"Hujan deras dapat menganggu jarak pandang pengendara, langkah yang paling tepat kurangi kecepatan perhatikan rambu lalu lintas dan pengendara lain dijalan raya. Kalau perlu pengendara roda dua sebaiknya berteduh dulu kalau hujan," ujarnya.

Yang terpenting, kata Indra sebelum berkendara, lakukan pengecekan fisik kendaraan seperti ban, spion, lampu serta rem agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Sebelum berkendara, kelengkapan surat-surat kendaraan juga harus dipersiapkan," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews