Intensitas Hujan Tinggi di Bulan November, Ini Kata BMKG Lingga

Intensitas Hujan Tinggi di Bulan November, Ini Kata BMKG Lingga

Dua orang wanita menggunakan payung berada ditengah hujan (Foto:net)

Lingga - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep menyatakan, musim penghujan dengan Intensitas tinggi akan terjadi di bulan November ini.

"Untuk diketahui, pada bulan November ini adalah puncak intensitas hujan yang tinggi kedua dalam setahun. Artinya pada bulan ini akan sering terjadi hujan," kata Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Kamis (1/11/2018).

Dia menjelaskan, berdasarkan data normal, pada bulan November, curah hujannya yakni 264 mm.

"Maka dari itu kami mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di dekat pinggiran sungai, lereng-lereng bukit, dan pesisir waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Sahat kondisi itu masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat, laut maupun udara. Tapi, gelombang tinggi dapat sewaktu-waktu muncul jika ada awan Cumulonimbus yang ciri-cirinya awan hitam pekat di perairan atau laut.

"Untuk perairan Kepulauan Lingga, tinggi gelombangnya berkisar 0,1 meter - 0,6 meter. Kemudian untuk angin di laut dari arah Tenggara - Barat Daya dan kecepatan 5 km/jam - 27 km/jam.
Arus Permukaan arah dari Tenggara dengan kecepatan 20 - 30 cm/detik," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews