Jurnalis Muda Lingga Gelar Kompetisi Menulis untuk Pelajar

Ilustrasi

Lingga - Forum Jurnalis Muda Lingga (FJML) yang merupakan gabungan dari wartawan media online Batamnews.co.id, Batamtoday.com, Marwahkepri.com serta Suarakepri.com yang berada di Daik, Ibu Kota Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau menggelar Kompetisi Menulis Jurnalistik tingkat pelajar tahun 2018.

Kompetisi tersebut akan berlangsung selama satu bulan yang dimulai dengan masa pendaftaran 20-30 Oktober dan pengiriman karya tulis mulai 1-20 November mendatang. Sementara untuk pengumuman pemenang dilakukan pada 30 November.

Ketua FJML, Arpa Aindi mengatakan, kompetisi menulis untuk para pelajar di Kabupaten Lingga ini merupakan kompetisi yang perdana dilakukan. Dengan begitu, lomba tersebut pun baru dibuka untuk pelajar SMP, MTs, SMA, SMK dan MA yang berada di 5 dari 10 kecamatan yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu itu.

Adapun kelima kecamatan tersebut yakni, Lingga, Lingga Utara, Lingga Timur, Selayar dan Senayang. Sementara untuk lima kecamatan lainnya seperti, Singkep, Singkep Barat, Singkep Selatan, Singkep Pesisir dan Kepulauan Posek belum bisa terlaksana.

"Ini merupakan kompetisi yang perdana. Inisiatifnya pun keluar pas lagi ngopi. Jadi, bukan berarti kami pilih kasih hanya membuka kompetisi ini untuk lima kecamatan saja. Tapi, kami perlu proses, untuk mengemas kompetisi ini menjadi lebih baik, sehingga kedepannya bisa kami buka se-Kabupaten Lingga," kata Arpa kepada Batamnews.co.id, Minggu (28/10/2018).

Lanjut dia, adapun tujuan digelarnya kompetisi menulis tersebut yakni, untuk menarik minat anak bangsa khususnya siswa-siswi SMP hingga SMA di Daik dan sekitarnya agar mencintai bidang tulis menulis yang berkaitan dengan skill di bidang jurnalistik.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk mendorong anak bangsa khususnya di Kabupaten Lingga berfikir kritis, kreatif, dan mandiri," ujarnya.

Arpa menjelaskan, kegiatan yang awalnya hanya diformat secara sederhana ini, seiring berjalannya waktu mendapatkan suport yang luar biasa, baik dari Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Bagian Humas dan Kominfo, Bank Riau Kepri Capem Daik Lingga, Pemerintah Kelurahan Pancur bahkan Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep.

"Alhamdulillah, suportnya luar biasa. Bahkan, ada beberapa donatur yang telah sudi berbagi rezeki untuk mensukseskan kegiatan ini," ucapnya.

Dengan demikian, ia berharap para pelajar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Berkompetisi dengan sehat dan jujur, sehingga selain mendapatkan pengalaman, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan dalam menulis sebuah karya jurnalistik.

"Kami harap para peserta dapat menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar. Karena, karya yang diikut sertakan dalam kompetisi ini berbentuk berita, memiliki unsur-unsur sebagaimana sebuah berita resmi. Bukan karangan atau opini. Tapi realita atau fakta di lapangan," katanya.

Diketahui, untuk pemenang pertama hingga ketiga dalam kompetisi tersebut akan mendapatkan, trofi, uang pembinaan dari Bank Riau Kepri berupa tabungan, uang saku serta sertifikat. Sementara untuk tiga pemenang harapan akan mendapatkan sertifikat dan uang saku.

Untuk pendaftaran, peserta dapat mengirimkan data diri melalui pesan whatsapp ke nomor 0852-6559-2854 atau 0823-8997-9334 serta juga bisa mengirimkan melalui pesan instagram ke akun @kompetisimenulisjurnalistik18. Adapun pendaftar sementara saat ini berjumlah 78 peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Lingga.

(ruz)

SHARE US :