Pemkab Tanjabtim dan Lingga Jalin Kerjasama Pengolahan Kelapa Dalam

Ilustrasi kelapa (Foto:net/kendaripos)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi akan membangun kerjasama dengan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau serta Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau untuk pengolahan industri kelapa dalam.

Kerjasama itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa dalam yang ada di tiga kabupaten tersebut. Bahkan untuk merealisasikan kerjasama itu, instansi terkait dari ketiga daerah kabupaten penghasil kelapa tersebut telah melakukan rapat koordinasi (rakor).

Bupati Lingga, Alias Wello mengaku serius dan mengapresiasi kerjasama antara Kabupaten Tanjabtim dan Kabupaten Lingga. Lanjut dia, pihaknya akan segera melakukan rakor antara beberap OPD Lingga menanggapi rencana kerjasama tersebut.

"Kami akan men-follow up kerja sama ini dalam bentuk kerja sama yang permanen," kata pria yang akrab disapa Awe itu ketika menghadiri puncak peringatan HUT Kabupaten Tanjabtim baru-baru ini dilansir dari metrojambi.com.

Ia mengaku, selain rencana kerjasama pengolahan kelapa, Lingga dan Tanjabtim juga sebelumnya sudah menjalin kerjasama di bidang pariwisata, perikanan serta pertanian.

"Tahun kemarin kami sudah menandatangani MoU di hadapan Presiden. Salah satunya di bidang pertanian. Kebutuhan-kebutuhan sembako kita memang banyak datang dari Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto menambahkan, kedua kabupaten tersebut mendukung industri pengolahan kelapa dalam dipusatkan di Kabupaten Tanjabtim.  

"Berkaitan dengan pengolahan kelapa dalam, sebenarnya kita sudah mulai jalan, dan kita sudah sepakat dua kabupaten sepakat untuk industri pengolahan kelapa ditempatkan di Kabupaten Tanjabtim. Tinggal menunggu waktunya dan mohon doanya dari masyarakat Tanjabtim," katanya.

(ruz)

SHARE US :