Ratusan Santri Yayasan Ar-Raudhah Singkep Antusias Ikuti Ajang Pencarian Bakat

Salah seorang santri begitu menghayati ketika mengikuti lomba pencarian bakat yang dilaksanakan oleh Yayasan Ar-Raudhah (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Yayasan Al-Qur'an Ar-Raudhah, Qur'an Center Lingga yang berada di Kampung Baru, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep menggelar ajang pencarian bakat yang melibatkan lebih kurang 211 santrinya dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap taggal 22 Oktober.

Ketua Yayasan Ar-Raudhah, Muhammad Arifin mengatakan, kegiatan pencarian bakat tersebut digelar lebih kurang selama satu minggu yakni, mulai 22-30 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya digelar sejak yayasan tersebut berdiri.

"Kegiatan ini kami lakukan guna mencari bakat santri yang ada disini (Yayasan) untuk dikirimkan ke pusat Qur'an Center Batam," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (26/10/2018).

Arifin menjelaskan, adapun cabang lomba yang dipertandingkan pada kegiatan tersebut yakni, Tartil Qur'an, Tilawah, Tahfidz, Syarhil, Fahmil dan Khatil Qur'an. Kemudian, juga diselingi dengan lomba sholawat, hafalan surat pendek dan adzan.

"Nanti setiap cabang akan di final. Kami pilih tiga terbaik. Dalam hal ini, kami mengedepankan bacaan yang baik dengan tajwid dan makhraj yang benar, sehingga santri tidak hanya sekedar bisa membaca dan hafal saja, tapi kualitas itu yang utama," ujarnya.

Sejauh ini, Yayasan Ar-Raudhah sudah pernah mengirimkan kurang lebih 6 orang santrinya untuk mondok di Qur'an Center Batam. Menariknya, santri tersebut telah menorehkan prestasi yang luar biasa.

"Saya harap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para santri semakin lebih semangat dalam menuntut ilmu, terkhusus ilmu Al-Qur'an. Karena, dengan mempelajari ilmu Al-Qur'an ini, Insya Allah akan meraih derajat yang tinggi di sisi Allah," ucapnya.

Namun kata Arifin, yang paling terpenting dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat menjadikan para santri semakin bersemangat mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an, sehingga menjadi santri yang berakhlak mulia.

"Rasulullah pernah bersabda, sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya," katanya.

(ruz)

SHARE US :