Kwartir Cabang Pramuka Lingga Buka KPDK, Apa Manfaatnya?

Camat Lingga Utara, Kimat Awal bersama Asisten 3 Pemkab Lingga, Siswandi serta Lurah Pancur, Shefi Hari Nugraha ketika membuka KPDK di Hotel Winner (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Kwartir Cabang Pramuka Lingga menggelar Kursus Pelatihan Dewan Kerja (KPDK) tahun 2018 di Hotel Winner, Kelurahan Pancur yang berlangsung selama tiga hari yakni, mulai 26-28 Oktober 2018.

Asisten 3 Pemkab Lingga, Siswandi mengatakan, adapun tujuan dilaksanakan KPDK tersebut agar dewan kerja mampu menerapkan tugas dan fungsi diwilayahnya masing-masing serta memanfaatkan sumber daya yang ada diwilayah kerja guna kepentingan pengelolaan administrasi dan kegiatan.

"Mengaktualisasikan kegiatan Gerakan Pramuka dalam kepentingan bangsa, kemudian melakukan komunikasi yang efektif dalam pegelolaan dewan kerja dan racana serta menjawab dan memahami kondisi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kerja masing-masing juga merupakan tujuan penting dilakukannya kursus ini," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (26/10/2018).

Lanjutnua, ilmu yang diperoleh dari KPDK tersebut tidak hanya sebatas seremoni, tapi juga harus mampu diaplikasikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kwarcab Lingga, kata Siswandi harus mampu memotivasi, supaya anggota Pramuka semakin baik, dengan cara berlomba-lomba dan berusaha dalam setiap kegiatan.

"Kami harap kursus ini bisa menjadikan anggota Penegak dan Pandega se-Kwarcab Lingga menjadi Pramuka yang andal dalam mengelola dewan kerja. KPDK ini juga memberikan pengetahuan serta meningkatkan pengelolaan manajemen untuk dewan kerja Penegak dan Pandega dari tingkat ranting hingga tingkat Nasional," ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap para peserta dapat mengembangkan kemampuan dan kreatifitas secara maksimal sehingga mampu menjadi insan yang cerdas seutuhnya. Sehingga mampu melahirkan generasi emas Kabupaten Lingga yang dapat membangun dirinya sendiri dan bersama-sama membangun Kabupaten Lingga serta memiliki daya saing yang tinggi.

(ruz)