Begini Persiapan Ujian CPNS Seleksi Kompetensi Dasar di Batam

Begini Persiapan Ujian CPNS Seleksi Kompetensi Dasar di Batam

Kepala UPT Kanreg XII BKN, Andri Febrian meninjau ruangan untuk ujian SKD CPNS di Pemko Batam, Kamis (25/10/2018). (Foto: Margaret/Batamnews)

Batam - Unit Pelaksana Teknis Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (UPT Kanreg XII BKN) memastikan pihaknya siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi dasar (SKD), Jumat (28/10/2018).

Kepala UPT Kanreg XII BKN, Andri Febrian mengatakan bahwa timnya sedang memproses instalasi server database.

"Sudah dicek semua. Server sedang proses instalasi. Nanti setelah instalasi selesai kami segel. Tiap hari paginya kita buka segel, malam tutup segel lagi. Besoknya seperti itu lagi sampai ujian selesai. Ini untuk transparansi," kata Andri, Kamis (26/10/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian dengan Computer Assisted Test (CAT) secara offline. Karena database soal sudah ada di server lokal.

"Yang berbeda, data peserta di pusat semua, tidak diinstal di sini. Nanti tinggal mengunduh," katanya.

Dalam pelaksanaan ujian SKD ini, pihaknya menyediakan satu ruangan dengan 55 set komputer. Dimana 50 set komputer yang dipakai, sedangkan 5 set komputer untuk cadangan.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin juga ikut meninjau persiapak SKD CPNS. Ia mengatakan ada 5.399 orang yang telah lulus seleksi administrasi.

"Sehari bisa 250 peserta. Butuh 22 hari untuk menyelesaikan seluruh peserta, termasuk Sabtu Minggu. Tes dimulai besok (Jumat), sampai 17 November," ujar Jefridin.

Selain itu Pemko Batam juga sudah mempersiapkan beberapa hal untuk SKD CPNS ini.

"Satpol PP kami siapkan untuk membantu kelancaran proses ujian. Mulai dari lantai I untuk seleksi peserta yang boleh naik,” katanya.

Kemudian ada dua unit ambulans lengkap dengan paramedis. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada peserta yang sakit. Dan juga ada mobil pemadam kebakaran yang siap sedia.

“Fasilitas gedung seperti toilet dan sebagainya juga sudah dipersiapkan Bagian Umum Setdako Batam. UPT BKN juga menyiapkan loker untuk peserta menyimpan barangnya selama ujian berlangsung,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menyurati PLN, agar tidak terjadi pemadaman saat ujian SKD CPNS ini berlangsung.

Setiap peserta yang ikut ujian wajib membawa KTP, kartu pendaftaran CPNS dan kartu ujian. Serta memakai baju putih, bagi laki-laki menggunakan celana hitam dan perempuan menggunakan rok hitam.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews