Dinas PU Lanjutkan Normalisasi Sungai di Lingga Tahun Depan

Dinas PU Lanjutkan Normalisasi Sungai di Lingga Tahun Depan

Sepanjang 1,2 Km alur sungai Seranggung, Kelurahan Daik selesai dilakukan pelebaran (Normalisasi) tahap pertama yang dilakukan DPUPR-PKP Lingga (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Pengerjaan normalisasi sungai Seranggung yang berada di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, untuk tahap pertama telah selesai dikerjakan sepanjang 1,2 kilometer (km).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Said Nursyahdu melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Syarifudin mengatakan, pekerjaan normalisasi tahap pertama ini selesai 100 persen dan untuk tahap kedua akan dilaksanakan tahun depan.

"Normalisasi ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dalam penanggulangan banjir di Daik Lingga," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (20/9/2018).

Ia menjelaskan, untuk pengerjaan tahap kedua nantinya, akan dilakukan pengerukan sekitar 600 meter lagi. Tapi sebelum itu, pihaknya terlebih dulu akan mendudukkan rencana lanjutan normalisasi itu kepada warga setempat.

"Ada beberapa tikungan di sungai itu yang mau diluruskan. Jadi mau kami dudukkan dulu, karena pelebaran itu sampai ke bangsal sagu milik warga. Jangan sampai nanti kami sudah mulai kerja, warga ribut," ujarnya.

Syarifudin mengaku, untuk sungai lainnya di Lingga yang sering kali meluap saat turun hujan deras hingga menyebabkan banjir, pihaknya juga sedang mengupayakan bantuan normalisasi bersama Dinas PUPR Kepri dan Satker BWS IV Sumatera.

Diketahui, kegiatan normalisasi sungai yang dilakukan DPUPR-PKP Lingga itu juga didampingi oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Daik Lingga.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews