https://www.batamnews.co.id

Waduk Senilai 238 Miliar Ini Diresmikan Akhir Agustus 2018

Proyek pengerjaan Waduk Sei Gong. (Foto: Batamnews)

Batam - Bulan Agustus ini, waduk Sei gong, Galang, Batam akan diresmikan dan siap dilakukan penggenangan. Saat ini proyek pembangunan waduk ini sudah mencapai 89 persen. 

Deputi IV Badan Pengusahaan (BP) Batam, Eko Budi Soepriyanto mengatakan bahwa setelah penggenangan maka proses pembangunan waduk ini sudah selesai.

“Akhir Agustus ini akan diresmikan, dan akan dilakukan penggenangan,” ujar Eko, Kamis (2/8/2018).

Setelah digenangi dengan air laut, selanjutnya menunggu waktu kurang lebih dua-tiga tahun kedepan untuk diendapkan. Sehingga kadar garam dari air laut bisa hilang.

“Kan nantinya juga dicampur dengan air hujan, jadi untuk sementara ini air dari waduk itu belum bisa dialirkan,” katanya. 

Eko juga menambahkan air dari waduk ini bisa dialirkan paling cepat di akhir tahun 2021. 

“Selesai itu airnya bisa dikonsumsi untuk kebutuhan masyarakat Batam,” kata dia. 

Proyek pembangunan waduk Sei Gong ini merupakan proyek strategis nasional. Pembangunannya menelan investasi Rp 238,44 miliar ini memiliki luas genangan 355,99 hektare dan kapasitas tampung 11,8 juta meter kubik.

Dengan adanya waduk Sei Gong menambah sumber air baku bagi masyarakat Batam. 

“Waduk Sei Gong ini akan memproduksi air baku 600 liter per detik, kebutuhan air di Batam itu mencapi 4 ribu liter per detik, makanya setelah ada waduk ini kebutuhan air baku semoga dapat terpenuhi,” jelasnya.

(ret)