Petani Lingga Optimis Sawah Panggak Darat Berikan Hasil Memuaskan

Petani Lingga Optimis Sawah Panggak Darat Berikan Hasil Memuaskan

Salah seorang petani Desa Panggak Darat sedang menampi padi hasil panen (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Sawah Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, telah memasuki masa panen perdana.

Sejumlah petani antusias memotong pohon padi yang tertanam dalam petakan sawah. Ada juga sebagian warga yang sedang menampi padi, membersihkan lahan serta sibuk membuatkan pondok sebagai tempat peristirahatan.

"Baru panen sedikit saja. Ini baru dua petak yang kami panen. Itu sekitar 27 meter persegi," kata salah seorang petani, Man kepada Batamnews.co.id, Selasa (24/7/2018).

Lanjut dia, saat ini dari sekian banyak petani di Desa Panggak Darat, baru beberapa petani yang melakukan panen, pasalnya masih ada padi yang masih hijau.

"Lahan saya masih ada beberapa petak yang belum di panen. Mungkin dua atau tiga hari lagi lah baru panen lagi," ucapnya.

Dia mengaku optimis, padi yang ditanam di lahan tersebut akan memberikan hasil memuaskan pada panen selanjutnya.

"Kalau berkaca dari panen sekarang ini, saya yakin kedepannya akan lebih bagus. Apalagi ini baru sekali tanam langsung berhasil, meskipun hasilnya belum begitu sempurna. Tapi ini lebih baik dari sawah lainnya di Lingga," ucap pria yang juga menjabat sebagai ketua RT itu.

Sementara itu, petani lainnya Agus juga menyampaikan hal serupa. Tapi, dirinya mengaku masih sedikit bingung tentang tata cara memupuk tumbuhan penghasil karbohidrat itu.

"Kalau masalah memupuk ini kami sedikit kurang paham. Apalagi kalau hanya sekedar diberi penjelasan dari mulut ke mulut. Kami ini petani pemula, jadi sering lupa," ucapnya.

Dengan demikian, dia berharap instansi terkait dapat mencari alternatif lain dalam memberikan penjelasan tentang tata cara memupuk tanaman tersebut, sehingga para petani lebih mudah paham.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews