Melalui Pajak Nonmigas, Pemerintah Targetkan Pendapatan Rp 2000 Triliun

Melalui Pajak Nonmigas, Pemerintah Targetkan Pendapatan Rp 2000 Triliun

Menkeu Sri Mulyani (foto : Merdeka.com)

Jakarta - Pemerintah menargetkan pendapatan negara pada tahun 2019 naik 15 persen menjadi Rp 2000 triliun. Salah satunya ditopang penerimaan dari pajak nonmigas yang dibidik naik 16,6 persen.

Target pendapatan ini pertama kalinya di Indonesia. Sebab selama ini tidak lebih dari Rp 1.900 triliun.

"Pertumbuhan pendapatan totalnya, untuk pajak nonmigas 16,6 persen, pendapatan total akan naik 15 persen," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati  di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/7/2018).

Dengan target pendapatan yang lebih tinggi, maka akan ada ruang yang lebih besar bagi kementerian dan lembaga (K/L) serta derah dalam menentukan priotitas belanjanya di tahun depan.

"Dengan Rp 2.000 triliun ini kami bisa membelanjakan belanja kementerian, lembaga dan daerah dalam rangka memperbaiki prioritas kita," kata dia.

Namun demikian, lanjut Sri Mulyani, hal tersebut masih akan menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini masih akan direkalkulasi pada pertemuan sidang kabinet.

‎"Nanti kita lihat. Tadi masih ada aspirasi yang masuk, dan Presiden masih instruksikan beberapa hal, sehingga postur akhir masih belum," tandas dia.

(deb)

Sumber : Liputan6.com

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews