Pemko Batam Dirikan Kios Berjalan Jual Telur Murah

Pemko Batam Dirikan Kios Berjalan Jual Telur Murah

Ilustrasi telur ayam

Batam - Pemerintah Kota Batam akan menyediakan kios berjalan untuk menjual telur ayam dengan harga murah. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan harganya yang naik Rp 14-16 ribu per papan.

Kios itu didirikan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam. Kepala DKP Kota Batam Mardanis mengatakan, kios ini akan menjual telur dengan harga distributor.

"Jadi nanti masyarakat bisa beli telur ayam di situ, kios itupun juga dibuat berjalan, saat ini kami lagi berupaya untuk mengaturnya," ujar Mardanis, Selasa (17/7/2018).

Keputusan ini diambil karena Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Batam yang tidak bergerak. Selain itu juga ada Koperasi Petani, tapi membutuhkan modal yang cukup besar.

Kios ini juga akan menjual cabe, bawang serta kebutuhan pokok lainnya. Kios akan ditempatkan di tiga kawasan, yaitu di Dapur 12, Tiban Lama, dan Nongsa.

"Sementara ini kios murah menjadi cara yang bisa kami lakukan ," katanya.

Saat ini harga telur ayam di Batam mencapai Rp 46-48 ribu per papan. Padahal harga normalnya Rp 32 ribu per papan. Penyebabnya yaitu pasokan berkurang. Kebutuhan telur ayam di Batam 400 ribu butir per hari.

Pasokan telur ayam berkurang karena harga pakan ayam yaitu jagung, naik.

"Makanya ada gangguan pasokan dari distributor, kebutuhan kita jadi terganggu, kalau telur ayam dari Barelang tidak cukup, per hari masih menghasilkan puluhan ribu saja," katanya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews