Berhasilkah Pendakian Dua Perempuan Indonesia di Puncak Everest?

Berhasilkah Pendakian Dua Perempuan Indonesia di Puncak Everest?

sumber: instagram Mathilda

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari, dua Srikandi Indonesia yang tergabung dalam Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar (WISSEMU) sedang berjuang menyempurnakan pendakian di Puncak Sagarmatha, Gunung everest, Nepal.

Pendakian dua wanita 24 tahun ini dalam rangka misi menyelesaikan trek seven summits, tujuh puncak tertinggi di tujuh benua. Mereka berangkat dari Indonesia Maret lalu. Rencananya Dimitri dan Mathilda akan mencapai Puncak Gunung Everest antara 14-18 Mei mendatang.

Menyelesaikan trek seven summits adalah sebuah pencapaian besar. Apalagi sampai saat ini baru ada delapan orang Indonesia yang menyelesaikan pendakian ini. Dari delapan orang, semuanya laki-laki. Sehingga jika berhasil menyelesaikan pendakian ini, mereka akan menjadi dua orang wanita Indonesia pertama di tujuh puncak tertinggi di tujuh benua.

Perjalanan ini tidak akan mudah. Gunung Everest adalah gunung tertinggi yang ada di dunia, dengan tinggi 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl), perjalanan menuju puncaknya adalah mimpi bagi semua pendaki gunung di seluruh dunia.

Tercatat 288 orang telah meninggal dalam upaya mendaki Gunung Everest pada rentang tahun 1924-2017. Bukan saja karena beratnya medan namun juga karena oksigen yang akan terus menipis, kurang lebih hanya 1/3 jika dibandingkan dengan yang bisa kita hirup dengan bebas sekarang ini.

Sebelumnya Tim WISSEMU telah berhasil mendaki enam gunung tertinggi di enam lempeng benua berbeda yaitu, Gunung Carstensz Pyramid, Papua, (4.884 mdpl) pada 13 Agustus 2014; Gunung Elbrus, Rusia, (5.642 mdpl) pada 15 Mei 2015; Gunung Kilimanjaro, Tanzania, (5.895 mdpl) pada 24 Mei 2015; Gunung Aconcagua, Argentina (6.962 mdpl) pada 30 Januar 2016; Gunung Vinson Massif, Antartika (4.892 mdpl) pada 5 Januari 2017; Gunung Denali, AS, (6.190 mdpl) pada 2 Juli 2017.

(elz)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews