Obat Batuk Sering Disalahgunakan Pelajar, Polsek Daik Datangi SMAN 1 Lingga Utara

Obat Batuk Sering Disalahgunakan Pelajar, Polsek Daik Datangi SMAN 1 Lingga Utara

Sosialisasi bahaya narkoba di SMAN 1 Lingga Utara. (foto: ist/ruz)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Seringnya penyalahgunaan obat-obatan seperti obat batuk, obat sesak napas serta minuman berenergi di Kabupaten Lingga membuat Camat Lingga Utara merasa prihatin.

Camat Lingga Utara menggandeng Polsek Daik Lingga dan Satpol PP Lingga untuk mendatangi SMAN 1 Lingga Utara guna melakukan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan obat dan narkoba.

Kanit Binmas Polsek Daik Lingga, Bripka Sanusi sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, dalam sosialisasi yang dilakukan di lapangan terbuka itu, seluruh siswa dan siswi SMAN 1 Lingga Utara diberikan pemahaman secara rinci tentang penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

"Banyak yang beranggapan bahwa penggunaan obat-obat tersebut untuk menimbulkan efek halusinasi, efek gembira ria. Bahkan efek keberanian, padahal perbuatan tersebut dapat merusak sendi-sendi, syaraf yang tentu berakibat fatal bagi penggunanya. Hal itu yang harus dihindari oleh pelajar," kata dia kepada Batamnews.co.id usai kegiatan, Kamis (16/11/2017).

Dikatakannya, adapun pemahaman yang diberikan adalah upaya untuk memproteksi remaja dari bahaya narkoba,  kenakalan remaja serta agar remaja waspada dalam pergaulannya.

Terlebih masa kini, modus-modus penyebaran narkoba sudah semakin canggih dan perlu upaya lebih dalam menekan berbagai kamuflase penyebaran narkoba.

"Apabila obat batuk tersebar luas, sayang jika dimanfaatkan tidak baik. Terus yang lebih parah penyebaran pil PCC, itu lebih berbahaya lagi. Jadi kalau ada orang yang tidak dikenal kasih permen atau apa jangan mudah diambil dan dimakan," ujarnya.

Dia berharap apa yang dipaparkan tersebut dapat memberikan pandangan palajar dalam membentengi diri dari narkoba walaupun pengetahuannya secara umum. 

(Ruz)