Danlanal Dabo Akui Kehebatan Sultan Mahmud Riayat Syah Berperang di Laut

Danlanal Dabo Akui Kehebatan Sultan Mahmud Riayat Syah Berperang di Laut

Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla. (foto: ruz/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Komandan Pangkalan TNI AL Dabo Singkep, mengakui kehebatan Sultan Mahmud Riayat Syah III dalam mempertahankan kerajaan Riau-Lingga-Johor-Pahang. Sultan Mahmud terkenal sebagai ahli perang gerilya laut.

Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla mengatakan, sosok Sultan Mahmud Riayat Syah memang sangat luar biasa. Menurutnya Sultan Mahmud pantas dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional.

"Sultan Mahmud sosok yang luar biasa, beliau mempunyai metode perang laut, gerilya laut, itu memang benar adanya. Dari beberapa sejarah yang kita terima juga memang benar," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (13/11/2017).

Akan tetapi, bukan dari sisi perang lautnya yang ia lihat. Namun, menurut Agus, bagaimana Sultan Mahmud bisa memanfaatkan aset yang ada di laut. 

"Dengan budaya yang ada di Lingga ini, sehingga bisa mengelola menjadi pertahanan laut yang luar biasa. Beliau tidak semena-semena hanya mempergunakan lautnya saja, tapi beliau juga mengembangkan buadaya untuk mempertahankan RI," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Sultan Mahmud Riayah Syah merupakan Pahlawan Nasional yang ketiga dari Kepri, setelah sebelumnya ada nama Raja Ali Haji serta Raja Haji Fisabilillah yang juga dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional ketika Kepri masih bergabung dengan Provinsi Riau. 

(Ruz)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews