Tiap Pagi Air ATB Mati, Tapi Tagihan kok Naik Terus?

Tiap Pagi Air ATB Mati, Tapi Tagihan kok Naik Terus?

Suasana di Kantor Pelayanan ATB. (foto:atbbatam)

Batam - Lebih dari sebulan saluran air dari ATB (PT Adhya Tirta Batam) selalu mati di pagi hari. Hal ini mengakibatkan aktifitas warga terganggu di beberapa daerah seperti Kelurahan Tiban Indah, Sekupang, dan Bengkong Polisi, Batam.

"Sudah lebih dari sebulan air mati di pagi hari, tapi tagihan naik terus," kata Chris (53), Ketua RW 03 Kelurahan Tiban Indah, kepada batamnews.com, Sabtu (14/2/2015).

Air ATB selalu mati pukul 06.00 WIB dan baru hidup di siang hari pukul 11.00 WIB, sehingga aktifitas rumah tangga di pagi hari menjadi terbengkalai. Ibu rumah tangga pun mengeluhkan keadaan tersebut.

Ibu Een (47), seorang warga di Tiban Indah mengatakan, tanpa air, rumah tangga seperti terbengkalai di pagi hari. Belum lagi aktifitas anak-anak dan pegawai yang perlu air untuk mandi pagi.

"Maunya sih air selalu hidup pagi hari, biar kerjaan gak numpuk," kata Ibu Een menyambung.

Kelurahan Tiban Indah berpeghuni sekitar 700 Kepala Keluarga dan lebih dari 3.000 jiwa. Hal serupa juga sering terjadi di Bengkong Polisi. Air sering mati beberapa jam di daerah ini.

Penyebab sering macetnya air di pagi hari ini belum diketahui pasti karena pihak ATB belum dapat dikonfirmasi.

PT Adhya Tirta Batam adalah perusahaan pengelola air minum swasta pertama di Indonesia yang berada di Batam. ATB terikat kontrak dengan Otorita Batam yang sudah berubah nama menjadi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) untuk mengelola air bersih di Batam selama 25 tahun, mulai tahun 1995 hingga 2020. Artinya, 5 tahun lagi kontrak ATB sudah habis.

(alf)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews