Bengkalis Terbanyak, Hotspot Mulai Menggerogoti Siak

Bengkalis Terbanyak, Hotspot Mulai Menggerogoti Siak

Foto satelit hotspot di Riau belum lama ini. (foto: ist net)

Pekanbaru - Jumlah titik panas (hotspot) di Provinsi Riau, Jumat (13/2/2015) kembali meningkat. Bahkan titik panas juga sudah menyebar ke Siak. Total titik panas di Riau mencapai 65 titik.

'Dari 65 titik di Riau, di Bengkalis tercatat 43 titik, Meranti 2 titik, Pelalawan 4 titik, Rohil1 titik, Siak 6 tiitik dan Inhil 9 titik,'ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi, Jumat (13/2/2015).    

Sejak munculnya titik panas pada Januari 2015 lalu, Kabupaten Bengkalis masih bertahan memiliki titik terbanyak dari kabupaten/kota lainnya.

Berdasarkan pantauan Karhutla Monitoring System (KMS) di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, Bengkalis masih terbanyak titik panas.

"Bengkalis masih tertinggi, karena memang lahan gambut cukup luas di sana. Tetapi tim sudah turun, mulai dari TNI, jajaran kepolisian, BLH, Manggala Agni hingga masyarakat peduli api," kata Kepala BLH Riau, Yulwiriati Moesa.

Diakuinya, untuk mencapai zero burning (bebas kebakaran) cukup sulit. Karena sebagian besar titik panas muncul di lahan-lahan gambut yang cukup dalam dan tidak bisa diprediksi secepat apa penyebaran.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews