Rudi Sakyakirti Kadisnaker Lagi, Rumbadi: Pemko Kekurangan SDM ya?

 Rudi Sakyakirti Kadisnaker Lagi, Rumbadi: Pemko Kekurangan SDM ya?

Rumbadi Dalle. (foto: istimewa/fb)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Rumbadi Dalle menilai pemilihan pejabat baru oleh Walikota Batam Rudi ada indikasi permainan politik.

"Pejabat pernah gagal tapi dipilih kembali, Pemko kekurangan SDM ya. Atau balas jasa dan lainnya kita tidak tahu," ujar Rumbadi Dalle, Jumat (23/9/2016) malam.

Rumbadi menganggap Wali Kota Batam Rudi dalam memilih pejabat yang akan menduduki posisi strategis tidak melihat Sumber Daya Manusia (SDM) berpotensi di lingkungan Pemko Batam.

"Wali Kota menilai calon kandidat tidak berdasarkan karir. Tapi suara terbanyak," kata Rumbadi.

Selain itu, Rumbadi juga mempertanyakan pertimbangan dari tim seleksi. Sebelum dipilih, imbuhnya, harus dilihat dulu moralitasnya, intelektual, kompetensi yang tinggi dan paling penting bisa bersinergi dengan pengusaha serta serikat pekerja.

Untuk pertama kali, Walikota Batam Rudi sudah melakukan pergantian sejumlah pejabat baru di lingkungan Pemko Batam. Tiga jabatan Kepala Satuan Perangkat Kepala Daerah (SKPD) eselon I diganti. Selebihnya 22 pejabat yang dilakukan rotasi dan mutasi.

Dalam kata sambutannya, Rudi mewanti-wanti para pejabat baru untuk meningkatkan kinerja setiap SKPD dan perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Batam.

"Sekarang tepat enam bulan satu hari. Saya akan lakukan perubahan ini. Tanpa ada kepentingan pribadi," ujarnya, Rabu (15/9/2016).

Rudi mengatakan, 25 orang penjabat baru tersebut juga harus menanda tangani fakta integritas, agar bisa menjalankan jabatannya sesuai dengan peraturan berlaku. "Semuanya harus tanda tangan fakta integritas," kata dia.

Kepala Dinas Pendapatan (Kadispenda) Kota Batam, Jefridin ditarik menempati Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Kota Batam. Sedangkan Zarefriadi yang semula menjabat Kadisnaker dipercaya sebagai sebagai Staf Ahli Perdagangan dan Tata Niaga Sekretariat Daerah Kota Batam.

Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tata Kota, Asril dipercaya sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Batam. Posisi Marzuki yang ditempati Asril belum diketahui.

Dalam kabinet baru itu, ada nama Rudi Sakyakirti yang dipercaya kembali menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam.

Padahal sebelumnya, Rudi Sakyakirti dicopot menjadi Kadisnaker oleh Walikota Ahmad Dahlan karena tersandung suatu masalah.

Pencopotan Rudi Sakyakirti dari Kadisnaker Batam dilakukan pada acara Pelantikan Eselon II dan III di Lingkungan Pemko Batam, 1 Maret 2012 silam. Saat itu, ia seperti langsung "dinonjobkan" menjadi staf ahli.

Selain itu, banyak masalah ketenagakerjaan di Batam yang gagal dia selesaikan. Bahkan, demo pembahasan upah minimum yang berakhir rusuh beberapa waktu lalu, terjadi saat Rudi Sakyakirti menjabat Kadisnaker.
 
(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews