Cerita Orangtua Murid yang Jadi Korban Pemalakan Pihak Sekolah di Batam

Cerita Orangtua Murid yang Jadi Korban Pemalakan Pihak Sekolah di Batam

Salah satu dokumen yang beredar pungli yang diterapkan pihak sekolah. (Foto: Noor Aziis)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Praktik-praktik pemalakan di sekolah-sekolah di Batam Kepulauan Riau masih terus berlangsung. Bahkan mereka yang tidak mampu pun tak lepas dari praktik kotor tersebut.

Seorang orangtua murid di sebuah sekolah di Sagulung menuangkan curahan hatinya di sebuah media sosial. Jeritan hari wanita bernama C ini cukup memprihatinkan. Ia menceritakan bagaimana pihak sekolah “memeras” para orangtua murid tanpa alasan yang jelas.

Berikut isi curahan hati seorang orangtua murid tersebut yang ia tuangkan di media soal:

Sy posting ini tdk bermaksud apapun tapi akhir2 nie sy byk membaca berita bahwa buku sekolah anak digratiskan klo benar alhamdulillah,tpi sy rasa semua itu tdk berlaku di sekolah anak sy. Karena untuk mendapatkan lks tersebut kami ortu hrus membyar sebesar 272 bgi kls 2 & pd kesempatan ini sy hanya ingin berbagi sj anak sy sekolah sat masuk wli murid kami hanya harus membayar 700 sekian itu untuk buku 1 semester & seragam(wajar mang segitu harusnya) t berapa lama kami diharuskan memebeli sampul raport seharga 70rb nah saat mendekati kenaikan kls kami wali murid diminta untuj membayar 600rb per siswa itu pun kami sudah menawar layaknya kita beli cabai...tapi ketua komite dan pihak sekolah tdk bergeming sedikit pun & mereka memveri waktu 3x cicilan (udh kyk kredit bju kan)alasannya uang tersebut untuk biaya operasional & pembangunan sekolah (sklh nya mang bru anak sy angktn 2)& infak masjid( dlu saat pembanguna kami numpang di tpa perumahan yg bersebelahan dgn masjid)logika nya kita menyumbang masjid kan tdk hrus dipaksa berapa nominalnya.

Saat pembagian raport suami dtg dgn membawa srt ket tdk mampu dr Rt& RW(kmi tidak berharap digratiskan tpi setidaknya ada keringannan) namun pihak sekolah menolak surat ket yg kami bawa dan mengatakan surat itu diserahkan sj pd pihak komite dan yg membuat suami lebih kecewa& marah suami saat itu juga bersama dgn slh satu wli murid sempat bersitegang dgn kepala sekolah dan ada juga guru saat itu si guru mengatakan org yg kerjanya antar galon aja mampu knp bpk g bisa membayar(hello di indonesia pengemis aja byk yg ky raya,Tuhan itu memberi rejeki kita masing2, kecewa pasti krn beliau adlh guru agama yg hrsnya tdk seperti itu) suami hnya menjawab krn sy tdk mampu sy dtg dgn surat ket ini.....byk hal terjadi dlm kehidupan manusia dan saat itu emang kami blm bisa melunasi kami berharap sekolah merespon tapi zonk,sampai saat ini pun blm kami bayar sepeser pun krn blm ada dana dan rasa kecewa yg bgt dan jika kami kaya g mungkin kami masukan anak kami kesekolah negeri ,sampai sekrang dlm hati hanya bertanya2 ada apa dgn sekolah ini ada apa dgn komitenya sy hanya tdk ingin menjadi manusia yg suudzon,berikut sy lampirkan rincian yg hrus sy bayar.....anak sy sekolah di sekolah dasar negeri di daerah sagulung...mohon maaf jika say menyinggung seseorang sy tdk bermaksud apapun ....kenapa pihak sekolah tdk merspon dan menolak surat ket dr rt&rw yg kami bawa.

Postingan wanita tersebut mendapat respon dari sejumlah netizen. Banyak yang merasa prihatin dengan kondisi wanita tersebut. Dan juga tak sedikit yang mengutuk praktik-praktik pemalakan yang dilakukan pihak sekolah terhadap para wali murid yang terjadi hampir setiap tahun ajaran baru.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews