Breaking News

Presiden Jokowi Tunjuk Budi Gunawan Sebagai Kapolri

Presiden Jokowi Tunjuk Budi Gunawan Sebagai Kapolri

Komjen Budi Gunawan. (foto:rmol)

Jakarta -  Dokumen pengajuan Budi Gunawan sebagai calon Kepala Polri Komisaris Jendral Budi Gunawan beredar. Dalam dokumen itu Komjen Budi Gunawan dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal ke DPR.

Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 tersebut tertanggal 9 Januari 2015. Perihal: pemberhentian dan pengangkatan. Surat pemberitahuan itu diserahkan ke DPR dengan tanggal 9 Januari 2015. Budi

Gunawan saat ini tercatat sebagai jenderal bintang tiga dan menjabat sebagai kepala lembaga pendidikan Polri. Bersamaan dengan pengajuan Budi Gunawan, Jokowi juga memberhentikan Kapolri Jendral Sutarman dari jabatannya.

Budi Gunawan pernah menjadi ajudan presiden. Budi merupakan mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri. Seusai menjadi ajudan, Budi pernah menjabat Kapolda Bali (2012).

Budi pernah mengikuti seleksi calon Kapolri pada 2013 untuk menggantikan posisi Jenderal (Purn) Timur Pradopo. Namun, Budi (lulusan Akademi Kepolisian/Akpol 1983) harus merelakan posisi Kapolri ke-20 kepada Sutarman, lulusan Akpol 1981 yang juga mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid.

(ind)


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews