May Day 1 Mei, Ribuan Buruh di Batam Turun ke Jalan, Ini Agendanya

May Day 1 Mei, Ribuan Buruh di Batam Turun ke Jalan, Ini Agendanya

Buruh yang turun ke jalan beberapa waktu lalu (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Memperingati May Day atau Hari Buruh Dunia yang akan jatuh pada tanggal 1 Mei 2016, ribuan buruh akan turun ke jalan. Dalam aksinya buruh juga akan membentuk Ormas Rumah Rakyat Indonesia.

Pembentukan ormas ini merupakan sebagai bentuk kekecewaan yang melanda buruh. Selama ini nasib buruh selalu menjadi bagian yang hilang dari perhatian pemerintah, terutama yang menyangkut ukuran Komponen Hidup Layak (KHL).

"Pembentukan ormas ini bermaksud untuk bergerak membantu permasalahan masyarakat yang terjadi di Indonesia," ujar Sekretaris  FSPMI Kota Batam saat dihubungi batamnews.co.id melalui telepon pada Sabtu,(30/4/2016) pagi.

Suprapto menuturkan, ormas Rumah Rakyat Indonesia nantinya akan bergerak secara sosial dan berdampingan dengan serikat buruh.

Pengurus yang duduk di Rumah Rakyat Indonesia, kata Suprapto, nantinya dari rekan rekan serikat buruh yang tidak ada duduk di dalam struktural organisasi dan kemungkinan ini akan menjadi partai politik.

"Dan tidak kemungkinan akan menjadi sebuah partai politik sebab nasib buruh selama ini tidak pernah diakomodir oleh parpol apapun," ujar Suprapto.

Suprapto menuturkan, adapun ormas Rumah Rakyat Indonesia nantinya akan bergerak membidangi
kesehatatan BPJS pekerja yang saat ini sering ditolak oleh pihak Rumah Sakit juga rumah layak yang tidak dihuni oleh buruh, serta rumah buruh yang belum ada listriknya.

"Aksi May Day besok. buruh akan kumpul dan terpusat di terminal dekat Pintu3 Panbil Mukakuning yang akan diisi dengan orasi isu buruh," ujar dia.

 

[jim]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews