Antrean Panjang BBM Solar di Tanjungpinang, Kadisperindag Beri Penjelasan

Antrean Panjang BBM Solar di Tanjungpinang, Kadisperindag Beri Penjelasan

Antrian Truk di SPBU untuk mendapatkan solar subsidi.

Tanjungpinang, Batamnews - Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah SPBU di Tanjungpinang mengalami antrean panjang BBM solar hingga ke bahu jalan. Antrean ini didominasi oleh kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang. 

Menurut Kadisperindag Tanjungpinang, Riany, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Pertamina mengenai penyebab antrean tersebut yang disebabkan oleh pendistribusian BBM yang masih kurang tepat sasaran. 

“Tadinya jatah untuk angkutan itu hanya sekali 60 liter, ini bisa berulang-ulang seharusnya tidak bisa. Karena kuota telah dibatasi per hari 60 liter,” jelas Riany, Rabu, 10 Juli 2024.

Baca juga: Meninggalnya Anak 13 Tahun Setelah Berobat di Puskesmas Sei Jang, Begini Respon Kadinkes Tanjungpinang 

Riany juga menjelaskan bahwa penggunaan Fuel Card masih bisa disalahgunakan oleh orang lain, dengan artian satu kendaraan bisa memiliki dua Fuel Card. 

“Kondisinya sekarang sudah tidak bisa lagi, satu kartu satu kendaraan. Sejak 1,5 bulan dilakukan penandatanganan PKS, kami sudah progres pendaftaran dan 1.000 kendaraan telah mendaftar,” ujarnya.

Pihaknya bekerja sama dengan SPBU dalam pemeriksaan Fuel Card, mengingat user Fuel Card tersebut dari SPBU. “Karena usernya SPBU, kita kenakan sanksi bagi yang menyalahgunakan kartu itu. Kami tidak mau ada oknum mengenai hal ini, jadi satu kartu satu kendaraan,” kata Riany.

Untuk kendaraan yang dikenakan Fuel Card yaitu kendaraan pribadi dan kendaraan angkutan. Rincian kendaraan yaitu roda empat maupun roda enam 30 liter/hari, kendaraan angkutan roda delapan atau roda enam 60 liter/hari, dan kendaraan pribadi 20 liter/hari. 

Baca juga: Pencabutan Moratorium Tambang di Lingga: Langkah Gubernur Kepri Ansar Ahmad Jelang Pemilihan Kepala Daerah

“Target kami adalah yang mendaftar lebih dari 2 ribu kendaraan angkutan, belum termasuk kendaraan pribadi. Persyaratan pendaftaran Fuel Card adalah STNK asli atau bukti lunas, dan KTP,” tuturnya.

Terakhir, kata Riany, pendaftaran Fuel Card bisa dilakukan di samping Pasar Puan Ramah Km 6, sekaligus dilakukan uji KIR. “Jam pelayanan dari pukul 08:00 WIB hingga 15:00 WIB,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews