Kadishub Batam Tanggapi Keluhan Terkait Kebijakan Parkir Berlangganan

Kadishub Batam Tanggapi Keluhan Terkait Kebijakan Parkir Berlangganan

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam, Salim. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam, Salim, menanggapi keluhan terkait kebijakan parkir berlangganan. Ada sejumlah pengguna yang sudah menempel stiker berlangganan namun masih dimintai pembayaran oleh jukir.

"Terkait dengan kebijakan parkir berlangganan, ada juga yang mengeluhkan. Ada yang sudah pakai stiker berlangganan, ada juga yang masih dipinta (bayar)," ungkap Salim.

Ia menegaskan, jika menemukan stiker parkir yang menempel pada roda 2, roda 4, dan roda 6, para jukir tidak boleh lagi meminta pembayaran karena pemilik kendaraan tersebut sudah berlangganan satu tahun dan terdata di database Dishub.

Baca juga: Dinas Perhubungan Batam Bagikan Seragam Baru Warna Pink untuk Juru Parkir

"Di stiker ada barcode yang mana kalau di scan akan muncul data kendaraan berapa dan masa berlakunya kapan," jelasnya.

Salim mengatakan, nilai tarif parkir berlangganan diatur dalam Peraturan Daerah, yaitu Rp250 ribu untuk roda 2, Rp600 ribu untuk roda 4, dan Rp750 ribu untuk roda 6 ke atas. Ia menilai biaya berlangganan tersebut jauh lebih murah dibandingkan membayar parkir sekali pemakaian.

"Rp600 ribu misalnya kalau berlangganan satu tahun, berarti sehari cuma Rp1.500-an untuk sekali parkir. Nah, kalau sekali parkirkan sudah Rp4.000, itu jadi lebih murah," ungkapnya.

Baca juga: Dishub Batam Sediakan 2.000 Stiker Langganan Parkir, Ini Cara Mendapatkannya

Salim menyebutkan kebijakan ini merupakan salah satu cara mengurangi kebocoran pendapatan parkir agar bisa langsung diakomodir ke kas daerah. Pihaknya telah menginstruksikan hal tersebut kepada korlap dan jukir.

"Nantinya yang ingin (membeli) stiker ini bisa menghubungi kami langsung ke Dishub untuk bayar lewat rekening yang telah tertera dan akan langsung kami aktivasi," imbuhnya.

Saat ini, sebanyak 22 stiker parkir roda 2 dan 126 roda 4 telah terjual. Dishub Batam menyediakan 500 stiker parkir roda 2, 1.000 roda 4, dan 500 roda 6 ke atas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews