Dinas Perhubungan Batam Bagikan Seragam Baru Warna Pink untuk Juru Parkir

Dinas Perhubungan Batam Bagikan Seragam Baru Warna Pink untuk Juru Parkir

Kadishub Batam bersama para jukir. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam baru-baru ini mengadakan kegiatan rutin pengawasan yang melibatkan pembagian seragam baru kepada para juru parkir (jukir) di kota tersebut. Dalam upaya meningkatkan citra pelayanan, seragam yang dibagikan kali ini memiliki warna pink yang menarik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim, mengungkapkan bahwa pemilihan warna pink dimaksudkan untuk memberikan kesan lebih feminim dan ramah dari para jukir. 

"Terkait dengan warnanya, kami memilih warna agak feminim agar tidak ada kesan bahwa jukir kita itu kasar atau bringas. Artinya, mereka harus melayani dengan lembut lah, ada kewanitaannya, ada keramahannya," ungkap Salim, Selasa, 14 Mei 2024.

Baca juga: Kenaikan Tarif Parkir di Batam: Masyarakat Keluhkan Karcis, Dishub Imbau Warga Minta ke Jukir

Pada kegiatan kali ini, sebanyak 550 set perlengkapan telah dibagikan kepada para jukir di Kota Batam secara bertahap berdasarkan lokasi. Perlengkapan yang dibagikan meliputi baju, celana, pluit, payung, topi, mantel dengan badge simbol kota, dan jas hujan.

"Kami utamakan yang terdaftar dan sudah ada namanya," tambahnya. 

Salim juga menjelaskan bahwa jukir nantinya boleh memberikan perlengkapan tersebut kepada jukir lainnya jika memang sedang dalam keadaan sakit agar untuk penyetoran tidak terganggu. 

"Kadang-kadang mereka, jukir yang terdaftar ini sakit atau berhalangan sementara, sehingga harus disetor. Dalam keadaan seperti itu, dia boleh meminjamkan perlengkapannya kepada teman yang menggantikannya agar nampak identitasnya," ungkapnya. 

Baca juga: Kenaikan Tarif Parkir di Kota Batam, Dukungan atau Beban Bagi Pengendara dan Jukir

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Dinas Perhubungan Kota Batam untuk meningkatkan kualitas pelayanan parkir di wilayah kota. Sebelumnya, banyak keluhan yang diterima terkait masalah parkir, seperti permasalahan tiket dan pelayanan jukir yang kurang baik.

"Kami sebenarnya sudah menyampaikan kepada koordinator lapangan untuk disampaikan kepada para jukir terkait pelayanan yang sopan, ramah, dan tidak tiba-tiba muncul saat kendaraan keluar atau masuk," jelas Salim.

Salim berharap dengan pembagian seragam baru ini secara bertahap, perlengkapan dan seragam untuk para jukir dapat terus dilengkapi, mengingat selama 3 tahun terakhir pembagian seragam seperti ini belum pernah dilakukan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews