UMRAH Tanjungpinang dan Batamnews Teken MoU Tingkatkan Kolaborasi Bidang Informasi dan Pendidikan

UMRAH Tanjungpinang dan Batamnews Teken MoU Tingkatkan Kolaborasi Bidang Informasi dan Pendidikan

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang dan perusahaan media Batamnews secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama untuk meningkatkan kolaborasi dalam bidang informasi dan pendidikan, Jumat, 10 Mei 2024. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang dan perusahaan media Batamnews secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama untuk meningkatkan kolaborasi dalam bidang informasi dan pendidikan, Jumat, 10 Mei 2024.

Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Dekan FKIP UMRAH Satria Agust, S.S., M.Pd, Wakil Dekan FKIP UMRAH Gatot Subroto, M.Pd dan Ahada Wahyusari, M.Pd, serta CEO Batamnews Zuhri Muhammad.

Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara UMRAH dan Batamnews dalam mendukung pertukaran pengetahuan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang maritim, teknologi, dan komunikasi.

Selain itu, Batamnews akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa UMRAH untuk mendapatkan pengalaman melalui magang dan pelatihan di berbagai departemen redaksinya. Ini akan membantu mahasiswa UMRAH untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang industri media dan komunikasi.

Baca juga: UMRAH Tanjungpinang dan BRGM RI Kolaborasi Bantu Pemkab Bintan Terbitkan Perbup Mangrove

Dekan FKIP UMRAH Satria Agust, S.S., M.Pd, menyatakan bahwa ingin menambah jejaring kerjasama antara FKIP UMRAH dengan Batamnews. 

"Tujuannya agar mahasiswa FKIP UMRAH bisa mendapatkan kesempatan untuk magang di Batamnews sebagai jurnalis dan tidak menutup kemungkinan juga mahasiswa FKIP UMRAH di prodi lain pun bisa bergabung di sana, tentunya tujuan ini akan terus berjalan dan terus berlanjut tidak hanya sebatas tahun ini," ujar Satria Agust usai penandatanganan kerja sama tersebut.

"Yang menjadi fokus utama kerjasama ini adalah yang sedang menjalani magang. Fokus utama kita di lingkungan perguruan tinggi ada tiga bidang yang harus kita lakoni yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Penelitian dan pendidikan yaitu berupa magang, kalau penelitian dosen-dosen FKIP UMRAH bersama dengan jurnalis Batamnews bisa melakukan kajian lisan bersama, dan untuk pengabdian nantinya dosen-dosen FKIP UMRAH dan jurnalis Batamnews atau seluruh peraganya bisa melakukan kegiatan bakti sosial atau kegiatan-kegiatan sosial lainnya dalam memberdayakan masyarakat setempat," sambungnya.

Sementara itu, CEO Batamnews, Zuhri Muhammad, menyambut baik kerja sama ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Batamnews dalam memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman selama magang.

Baca juga: Umrah Tanjungpinang Usulkan Pemerintah Bentuk UPT Pulau Penyengat

"Kerja sama ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Batamnews dalam memberi ruang dan kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba pengalaman dan mendapatkan pelajaran selama magang dalam program merdeka belajar kampus merdeka. Kerja sama seperti ini sudah lama juga kita lakukan dengan beberapa kampus lainnya di Kepulauan Riau. Harapannya, agar kerja sama ini bisa terus terjalin dan saling mengambil manfaat dari kegiatan tersebut," kata Zuhri.

Kerja sama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kedua belah pihak dalam mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan informasi di Kepulauan Riau. 

"Harapan saya terhadap UMRAH dan Batamnews tentunya bahwa kerja sama ini terus berlanjut, begitu juga yang dikatakan Pak Zuhri berharap kegiatan kerja sama kita terus berlanjut. Pak Zuhri juga tidak mengharapkan hanya sedikit malah ingin UMRAH mengirim lebih mahasiswa kesana, dan kita siap untuk itu," sebut Satria Agust menanggapi pernyataan CEO Batamnews.

Ia menyebut, pihak UMRAH mempunyai harapan yang lebih agar nantinya mahasiswa yang lain mendapatkan kesempatan magang di Batamnews. 

Baca juga: UMRAH Tanjungpinang Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Sastra dan Budaya

"Harapan saya agar mahasiswa kita disana menunjukkan performancenya atau kinerjanya yang sangat luar biasa itu yang kita harapkan. Dan harapannya agar kerjasamanya terus berlanjut atau berkesinambungan agar mahasiswa yang baru bisa berkesempatan magang di Batamnews. Disitulah kita perlu menjaga kedua instansi yang terkait dengan baik semaksimal mungkin," pungkas Dekan FKIP UMRAH ini.

Penulis: Keassy Simanjuntak


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews