Daya Tampung Sekolah Negeri di Batam Terbatas Jelang PPDB 2024

Daya Tampung Sekolah Negeri di Batam Terbatas Jelang PPDB 2024

Salah satu sekolah di Kota Batam, Kepulauan Riau. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di Kota Batam tengah dalam tahap persiapan. Kadis Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu, menyampaikan bahwa pihaknya telah membentuk tim khusus untuk membahas teknis pelaksanaan PPDB tahun ini.

"PPDB 2024 saat ini kita sedang melakukan persiapan. Tim sudah kita bentuk untuk membahas teknisnya dan tim saat ini sedang mengumpulkan data untuk rencana daya tampung dalam PPDB ini," ungkap Tri Wahyu.

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah keterbatasan daya tampung sekolah negeri di Kota Batam. Menghadapi kondisi ini, Dinas Pendidikan Kota Batam berencana untuk lebih fokus pada peningkatan sarana dan prasarana pendidikan pada tahun 2024-2025.

Baca juga: Terungkap Nama Agen yang Fasilitasi 21 WNA Kru Kapal MT Arman 114 di Hotel Grand Sydney Batam

"Permasalahan yang kita hadapi tentu adalah keterbatasan daya tampung, makanya dalam tahun 2024-2025 kita akan lebih banyak fokus pada peningkatan prasarana dan infrastruktur. Tujuannya kita ingin mengurai jumlah kepadatan dalam satu ronde," jelas Wahyu.

Wahyu menghimbau masyarakat untuk memahami keterbatasan daya tampung di sekolah negeri. Ia menekankan bahwa sekolah swasta memiliki kualitas yang setara dengan sekolah negeri, namun alasan utama masyarakat memilih sekolah negeri adalah dari sisi finansial, karena sekolah negeri mendapatkan insentif dari pemerintah sehingga tidak memungut biaya pendidikan.

"Sekolah swasta sama kualitasnya dengan sekolah negeri sebenarnya. Nah, tentu yang jadi alasan utama dari mereka dari sisi finansial, karena sekolah negeri mendapatkan insentif dari pemerintah sehingga pelayanan pendidikannya bisa dikatakan tidak dipungut biaya seperti itu kira-kira," tambahnya.

Baca juga: Bank Riau Kepri Syariah Gelar Tepuk Tepung Tawar untuk 14 Pegawai yang Berangkat Haji

Wahyu mengungkapkan bahwa sekolah swasta di Kota Batam sudah membuka pendaftaran lebih awal, bahkan sejak November 2023 lalu. Sekolah-sekolah favorit di Kota Batam umumnya sudah mencapai 90 sampai 95 persen daya tampung untuk gelombang pertama.

Saat ini, tim PPDB sedang membahas solusi terkait pengalihan calon peserta didik ke sekolah swasta jika daya tampung sekolah negeri tidak mencukupi. Mereka juga mempertimbangkan kemampuan sekolah swasta dan beban finansial yang harus ditanggung oleh orang tua atau wali murid jika masuk ke sekolah swasta.

"Nah yang kami bahas saat ini adalah berkaitan jika daya tampung ini tidak bisa ditampung di sekolah negeri, bagaimana kita arahkan ke sekolah swasta. Ini yang sedang kita bahas bersama tim yang sudah kami bentuk, polanya seperti apa itu yang akan kami bahas. Karena ini akan juga berkaitan nanti dengan kemampuan sekolah swasta dan beban yang dimiliki oleh orang tua atau wali murid nantinya jika masuk ke sekolah swasta," pungkas Wahyu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews