WNA Awak Kapal MT Arman 114 Terpantau Bersantai di Hotel Batam Kota, Siapa Yang Bertanggungjawab?

WNA Awak Kapal MT Arman 114 Terpantau Bersantai di Hotel Batam Kota, Siapa Yang Bertanggungjawab?

Terlihat WNA sedang nongkrong di salah satu cafe di Batam.

Batam, Batamnews - Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan awak kapal MT Arman 114 dari Suriah dan Mesir terpantau sedang bersantai di Hotel Grand Sydney, Batam Kota, Kota Batam. 

Pantauan kami di lokasi pada Jumat, 10 Mei 2024 sekitar pukul 16.30 WIB menunjukkan beberapa WNA sedang menikmati secangkir teh hangat di depan Restauran Grand Sidney Hotel.

Salah seorang dari WNA tersebut mengakui bahwa mereka adalah awak kapal MT Arman 114 dengan singkat mengatakan, "Yes, I'm crew," ketika kami mendekat untuk wawancara. 

Namun, ketika diminta keterangan lebih lanjut, mereka menolak untuk berkomentar lebih lanjut dan segera masuk ke dalam hotel, menghindari media dengan alasan bahwa itu adalah kebijakan perusahaan.

Baca juga: Dokumen WNA Awak Kapal MT Arman yang Naik ke Batam Dipertanyakan, Imigrasi: Ada Pengecualian!

Anehnya, pemindahan awak kapal ini ke hotel dilakukan tanpa pemberitahuan kepada pihak berwenang seperti penyidik KLHK, Kejaksaan, Pengadilan, PT Gass selaku agen kapal, dan pemilik kapal. 

Pemindahan tersebut diduga dilakukan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

Kami juga mencoba untuk menggali informasi lebih lanjut dari petugas keamanan hotel, namun mereka menyarankan kami untuk langsung menghubungi Bakamla RI untuk informasi lebih lanjut terkait kehadiran WNA tersebut.

Baca juga: Bakamla Diduga Pindahkan WNA Awak Kapal MT Arman 114 Tanpa Pemberitahuan ke Hotel di Batam

Sebelumnya, MT Arman 114 sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Batam atas dugaan pelanggaran Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup terkait pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di perairan Natuna pada Agustus 2023 lalu dengan terdakwa, Mohammed Abdelaziz.

(CR 1)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews