Sejumlah Ruas Jalan di Pekanbaru Kembali Banyak Terdapat Genangan Air

Sejumlah Ruas Jalan di Pekanbaru Kembali Banyak Terdapat Genangan Air

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah

Pekanbaru, Batamnews - Hujan deras belakangan ini telah menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru tergenangi air. Dalam menghadapi situasi ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru memaksimalkan upaya normalisasi drainase dan anak sungai.

Para pejabat dinas tersebut mengidentifikasi bahwa genangan air terjadi di sejumlah ruas jalan akibat pendangkalan parit atau drainase. 

"Ada pendangkalan parit, dan tinggi sedimen seperti pasir serta sampah yang banyak di dalam parit," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah kepada wartawan pada Sabtu, 20 April 2024.

Baca juga: Posko Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Ditutup

Untuk mengatasi masalah ini, normalisasi terus dilakukan pada sejumlah parit jalan dan lingkungan. Proses normalisasi melibatkan pasukan kuning dan bantuan alat berat untuk membersihkan sampah serta mengeruk sedimen guna memperdalam dan memperlancar aliran parit.

"Normalisasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari Pemko Pekanbaru dalam menangani banjir. Normalisasi terus dilakukan," jelas Edu, sapaan akrab Edward Riansyah.

Saat ini, fokus normalisasi berada di sepanjang Jalan Arifin Ahmad, dengan dua sisi parit jalan menjadi prioritas utama. 

Baca juga: Pembangunan Rest Area Baru di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai untuk Tingkatkan Konektivitas

"Ada sekitar 3 kilometer masing-masing sisi kiri dan kanan parit yang dilakukan normalisasi," tambah Edu.

Upaya normalisasi ini diharapkan dapat membantu mengurangi dampak genangan air di Kota Pekanbaru, serta meningkatkan kualitas drainase kota dalam jangka panjang.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews