Pemko Batam Jamin Pelayanan Puskesmas hingga RSUD Tetap Optimal Selama Libur Idul Fitri

Pemko Batam Jamin Pelayanan Puskesmas hingga RSUD Tetap Optimal Selama Libur Idul Fitri

Warga saat hendak mudik lebaran dari Batam. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Dalam menyambut libur panjang Idul Fitri, Pemerintah Kota Batam mengumumkan penyesuaian operasional pelayanan publik untuk memastikan kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan, menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kelancaran pelayanan selama periode liburan.

"Menjelang libur panjang Idul Fitri, kami telah mengatur seluruh pelayanan publik, termasuk petugas di rumah sakit dan kebersihan, agar masyarakat tetap mendapatkan pelayanan yang prima," kata dia dalam keterangannya, Selasa 9 April 2024.

Lebih lanjut, Rudi menyebutkan bahwa libur bersama akan berlangsung hingga 15 April 2024. Seluruh layanan yang bersifat mendesak dan tidak dapat ditunda akan tetap beroperasi dengan pengaturan khusus dari kepala perangkat daerah terkait. 

Baca juga: Volume Kendaraan Melintasi Jalan Tol Trans Sumatera Meningkat Signifikan Selama Arus Mudik Lebaran 1445 Hijriah

"Misalnya, urusan di RSUD akan ditangani langsung oleh direktur, sementara Puskesmas akan diawasi oleh kepala dinas kesehatan," ungkapnya.

Untuk masyarakat Kota Batam yang berencana mudik, Rudi menyarankan agar melakukan persiapan yang matang, termasuk menitipkan kunci rumah kepada perangkat RT/RW setempat untuk memastikan keamanan rumah selama ditinggalkan. 

"Ini penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama rumah kosong," tambah Rudi.

Sementara itu, bagi warga yang memilih untuk menghabiskan waktu liburan di Batam, seperti mengunjungi pantai atau tempat rekreasi lainnya, Rudi mengingatkan untuk selalu menjaga keselamatan dan berkoordinasi dengan nomor darurat 112 dalam kondisi darurat. 

"Panggilan ke 112 adalah gratis dan dijamin mendapat respon cepat dari petugas Pemko Kota Batam," tutup Rudi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews