Bus Trans Batam Libur Beroperasi Saat Hari Pertama Idul Fitri

Bus Trans Batam Libur Beroperasi Saat Hari Pertama Idul Fitri

Bus Trans Batam Kepulauan Riau akan menghentikan operasionalnya pada hari pertama Idul Fitri 1445 Hijriah. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews - Bus Trans Batam Kepulauan Riau akan menghentikan operasionalnya pada hari pertama Idul Fitri 1445 Hijriah. Informasi ini disampaikan oleh pengawas Bus Trans Batam, Roni, di Halte Rute Punggur, Senin, 8 April 2024.

"Pada hari pertama Idul Fitri, Trans Batam tidak akan beroperasi. Untuk hari kedua Idul Fitri, Trans Batam akan mulai beroperasi jam 09.00 WIB, karena masih dalam suasana Idul Fitri. Sedangkan pada hari biasa, Trans Batam beroperasi mulai jam 06.00 WIB," jelas Roni.

Menurut Roni, kebijakan ini telah diterapkan sejak pandemi Covid-19, karena jumlah penumpang cenderung menurun selama libur Lebaran. "Kebijakan ini diambil karena pelanggan agak sepi, jadi diliburkan semua," tambah Roni.

Baca juga: Cerita Pengguna Aplikasi Sip TB Trans Batam: Kuota hingga Eror

Jannus, salah satu pengguna layanan di Halte Rute Batam Centre, menyatakan bahwa Trans Batam hanya berhenti beroperasi satu kali selama Idul Fitri, yang sejalan dengan mayoritas penduduk yang merayakan hari raya tersebut.

Pihak Trans Batam telah memberikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram. 

"Setiap pengawasan, di loket akan memberitahu pelanggan bahwa Trans Batam tidak beroperasi pada hari pertama Idul Fitri dan akan kembali beroperasi pada hari kedua jam 09.00 WIB," terang Roni.

Baca juga: Perusahaan di Riau Dilarang Tahan Ijazah Karyawan, Disnakertrans Siap Bertindak

Roni juga mengungkapkan bahwa jumlah penumpang mengalami lonjakan hingga 50% pada minggu sebelum Lebaran. Sebagai solusi alternatif, masyarakat disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi atau layanan transportasi online seperti Gojek, Grab, dan Maxim.

Keputusan untuk tidak mengoperasikan Bus Trans Batam pada hari pertama Idul Fitri diambil sebagai langkah antisipasi penurunan jumlah penumpang selama libur panjang tersebut, mengingat mayoritas masyarakat merayakan Idul Fiti bersama keluarga.

Penulis: Keassy Simanjuntak
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews