Kapal Angkutan Lebaran Siap Berlayar! Dishub Pekanbaru Pastikan Kelayakan di Pelabuhan Sungai Duku untuk Idul Fitri 2024

Kapal Angkutan Lebaran Siap Berlayar! Dishub Pekanbaru Pastikan Kelayakan di Pelabuhan Sungai Duku untuk Idul Fitri 2024

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso

Pekanbaru, Batamnews - Dalam persiapan menyambut Idul Fitri 1445 H/2024 M, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru memastikan kesiapan kapal angkutan lebaran di Pelabuhan Sungai Duku. 

Dalam keterangan yang diterima oleh wartawan pada hari Selasa, 2 April 2024, Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, melalui Kepala Bidang Angkutan, Khairunnas, menegaskan bahwa kapal-kapal yang akan dioperasikan telah diperiksa dan layak untuk beroperasi.

Menurut Khairunnas, "Untuk kelayakan kapal, itu sudah kami periksa. Semuanya layak untuk dijadikan angkutan lebaran." 

Baca juga: Dinas Perkebunan Provinsi Riau Umumkan Harga Terbaru Kelapa Sawit Mitra Plasma

Dijelaskannya, terdapat tiga kapal yang akan dioperasikan untuk angkutan lebaran, yaitu Kapal Meranti, Naga Line, dan Jelatik dengan tujuan utama ke Selat Panjang.

"Tujuannya Selat Panjang saja," ujar Khairunnas.

Diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Sungai Duku sekitar 10 hingga 15 persen dari hari biasa pada Idul Fitri tahun ini. 

Menurut Khairunnas, meskipun belum terjadi lonjakan saat ini, namun pada perayaan Natal tahun sebelumnya telah terjadi lonjakan penumpang sebesar 10 hingga 15 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Dishub telah berkoordinasi dengan operator kapal untuk menyiapkan angkutan darat dari Pelabuhan Sungai Duku ke Pelabuhan Buton, Siak.

Baca juga: Kenaikan Harga Cabai jelang Idul Fitri di Pekanbaru, Berikut Daftar Harga Pangan Lainnya!

"Jadi, kita minta sama operator kapal, kalau seandainya kapal tidak cukup, tolong carikan bus untuk ke Buton. Ketika ada lonjakan, penumpang bisa diangkut dan diberangkatkan dari Buton dengan ongkos yang sama," ungkap Khairunnas.

Dengan langkah-langkah persiapan ini, diharapkan kelancaran dan kenyamanan dalam proses angkutan selama perayaan Idul Fitri dapat terjamin bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews